Buka puasa menjadi saat yang selalu dinantikan selama bulan puasa. Saat berbuka, makanan atau minuman yang manis dianjurkan untuk dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Makanan dan minuman yang manis bisa membantu untuk memulihkan energi tubuh yang berkurang selama puasa.

Di sekitar lingkungan rumah atau sepanjang jalan, banyak ditemui penjual yang mulai menjejerkan beragam jenis menu makanan yang menarik dan menggiurkan sejak sore hari. Begitu banyaknya jenis menu buka puasa favorit yang menggiurkan di Indonesia. Selain identik dengan menu yang manis dan menyegarkan, menu buka puasa yang favorit di Indonesia pun juga identik dengan menu yang gurih dan juga memanjakan lidah. Kira-kira, menu buka puasa apa ya yang selama ini menjadi favorit masyarakat Indonesia? Yuk, baca artikel ini

Gorengan

Gorengan merupakan panganan yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Dari sarapan hingga makan malam, dari camilan hingga hidangan utama, ada saja yang berupa gorengan. Selain gurih, membuat gorengan pun praktis. Gorengan menjadi menu favorit saat buka puasa. Berburu takjil saat bulan Ramadan sudah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika menjelang puasa. Berbagai pilihan menu gorengan banyak disediakan oleh para penjual.

Gorengan memiliki rasa yang enak dan gurih dengan harganya yang tterjangkau. Banyaknya pedagang gorengan di berbagai tempat, seperti di pinggir jalan, toko dan pasar yang menunjukkan animo tinggi masyarakat pada gorengan. Gorengan sendiri merupakan menu buka puasa karena memiliki rasa gurih lezat. Jenis takjil yang banyak dijual diantaranya tahu isi, pastel, lumpia, risoles, bakwan jagung, tempe mendoan, peyek udang, combro, martabak telur dan pisang goreng.

Es Buah

Segarnya es buah akan menjadi semakin spesial dinikmati selama bulan puasa ini. Bermacam ragam sajian es buah bisa ditemukan di mana saja selama bulan Ramadan. 
Tukang es buah dadakan juga pasti akan menjamur selama bulan puasa ini, mulai dari berjualan pinggir jalan sampai yang keliling komplek-komplek rumah dan perkantoran. Siapa yang tidak akan tergoda dengan segarnya potongan buah yang dicampur menjadi satu bersama manisnya susu kental manis. 

Kurma

Buka puasa dengan makanan manis memang sangat dianjurkan. Asupan tersebut bisa mengembalikan energi yang hilang. Itulah mengapa, kurma sangat dianjurkan untuk menu buka puasa. Kurma adalah salah satu camilan paling manis dari alam. Tak cuma manis, buah khas timur Tengah ini juga menyediakan aneka nutrisi dan serat. Dilansir dari Verywellfit, satu kurma atau sekitar 7 gram mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.  Kandungan serat yang ada di dalam sebutir kurma dan kandungan gula yang cukup tinggi pada buah kurma dapat membuat akan lebih cepat merasa kenyang.

Jika buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebagai takjil, maka akan baik bagi dalam mengurangi asupan kalori berlebih disaat berbuka puasa. Ketika dikonsumsi saat sahur, buah kurma yang memiliki kandungan glukosa lambat lepas ini, baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *