Mentega tengkawang yang diperoleh dengan mengolah buah dari pohon tengkawang Endemik
Kalimantan ternyata kaya akan manfaat, tidak hanya untuk campuran makanan dan
obat trasional seperti yang telah lama dimanfaatkan masyarakat dayak di pedalaman tetapi juga memiliki manfaat-manfaat lainnya seperti yang akan kami jabarkan berikut ini:

Manfaat mentega tengkawang untuk kecantikan dan Kesehatan Kulit

Mentega tengkawang memiliki komposisi yang unik sehingga membuatnya menjadi salah satu
lemak nabati terbaik yang disediakan oleh alam. Berikut komposisi mentega tengkawang
yang tersedia di umkmkalbar.id:

  • Titik beku: 35-38 º C
  • Asam Palmitat (Palmitic Acid): C16:0:14.0 – 22.0%
  • Asam (Stearic Acid): C18:0 36.0 – 50.0%
  • Asam Oleat (Oleic Acid): C18:1:30.0-40.0%
  • Asam Arachidat (Arachidic Acid) : 1.1%
  • Asam Linoleat (Linoleic Acid): 0 – 6.0%

Kandungan Asam Steatrat (stearic acid) dan Asam Oleat (Oleic Acid) yang tinggi didalam mentega tengkawang sangat baik untuk mengatasi secara alami masalah-masalah yang timbul akibat kurangnya kelembapan pada kulit dan rambut. Berikut manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari mentega tengkawang:

  1. Dengan alami melembabkan dan melembutkan kulit lebih lama daripada pelembab kimia yang lain.
  2. Memperbaiki fleksibelitas dan elastisitas kulit.
  3. Mencegah timbulnya kerutan.
  4. Mencegah degenerasi sel-sel kulit.
  5. Melindungi dari sinar UV-A dan UV-B.
  6. Membantu mencegah penuaan dini.
  7. Mengembalikan dan menyehatkan rambut yang kering.
  8. Melembabkan bibir dan menyembuhkan luka sariawan.

Manfaat-manfaat tersebut menbuat mentega tengkawang sangat ideal untuk dibuat sebagai sabun batangan, pelembab tubuh dan bibir, krim dan juga lotion, pondasi make-up, masker wajah, tabir surya, lipstik dan produk lain yang berfungsi melembabkan dan menyehatkan kulit.

Manfaat mentega tengkawang dalam industri makanan dan minuman

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, mentega tengkawang juga dapat dimanfaatkan dalam industri makanan antara lain sebagai berikut:

9. Bio-vetsin.

Mentega tengkawang dapat dimanfaatkan sebagai vetsin alami dalam olahan makanan seperti nasi goreng, mie goreng dan juga makanan lainnya sehingga hasil olahan makanan memiliki cita rasa yang jauh lebih gurih dan lezat secara alami serta bebas kolesterol karena dimasak tanpa menggunakan minyak goreng, anda pun akan terhindar dari efek negatif penyedap rasa yang menggunakan MSG dan zat kimia lainnya.

Sumber: http://www.forda-mof.org/berita/post/2622-diversifikasi-buah-tengkawang-dukung-konservasi-dan-kesejahteraan-masyarakat

10. Bahan campuran untuk membuat produk cokelat.

Cokelat yang dibuat menggunakan campuran mentega tengkawang memiliki rasa yang tidak kalah enak bila dibandingkan dengan cokelat-cokelat import dan memiliki kualitas lebih baik dari cokelat-cokelat dipasaran. Selain lebih gurih dan lezat proses pembuatannya pun menjadi lebih mudah karena untuk membuat cokelat menjadi padat dan beku tidak perlu dimasukkan kedalam lemari es, cukup dibiarkan saja dalam suhu kamar cokelat pun akan membeku dengan sendirinya.

11. Bahan campuran roti.

12. Bahan campuran Es krim.

13. Bahan campuran kapucino.

Manfaat-manfaat tersebut diatas belumlah final, mengingat komposisi dari mentega tengkawang yang sangat memungkinkan untuk diversifikasi produk yang luas sehingga masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat permen, pomade, lilin, makanan ternak, industri farmasi, pelumas dalam industri otomotif dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Di UMKMkalbar.id kami menyediakan mentega tengkawang dengan kemurnian 100% dan telah diolah secara alami.

Dengan membeli produk lemak tengkawang kami, Anda telah berpartisipasi dalam usaha pelestarian hutan dan ikut serta dalam usaha mengalihkan ketergantungan akan produk dari minyak sawit. Anda juga akan berkontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dayak (pedalaman) sehingga mereka dapat terus hidup disana dan menjaga serta melindungi kelestarian hutan mereka.


Dapatkan produk mentega tengkawang terbaik disini

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *