Sebelumnya kita akan membahas sedikit sejarah teh di Indonesia. Pada awal penanaman teh di Indonesia sebagai tanaman perkebunan mengalami kegagalan karena varietas sinensis dari Camilla Sinensis tidak bisa tumbuh dengan baik dikarenakan kondisi tanah dan iklim yang tidak cocok. Kemudian, pada abad ke-18, Belanda menanam varietas assamica di Bogor yang berhasil tumbuh dan berkembang dengan baik. Kesuksesan tersebut membuat Belanda kembali menanam assamica di daerah Limbangan serta Garut. 2 tahun kemudian, dibukalah perkebunan teh di Cisurupan, Garut dan Wanayasa, Purwakarta. Karena itu tanaman Camilla sinensis yang semula ditanam di Jawa Barat, kemudian menyebar ke Jawa Tengah dan Sumatera. Banyaknya jumlah perkebunan tanaman ini menjadikannya sebagai salah satu hasil agrikultur andalan Indonesia.

Banyak sekali jenis teh di Indonesia yang terkenal akan kenikmatannya. Tidak hanya teh melati dan teh hijau, Indonesia juga memiliki sejumlah jenis teh yang diracik dari bahan-bahan lain selain daun teh yang menjadikannya teh herbal. Setiap jenis teh asli Indonesia menawarkan cita rasa yang berbeda. Jika kalian belum mengetahui jenis teh apa saja yang ada di Indonesia,  inilah saatnya berkenalan dengan jenis – jenis teh di Indonesia.

Teh Hijau

Source: Google Image Search

Teh hitam dan teh hijau dibuat dari jenis daun teh yang sama. Bedanya, teh hijau tidak melalui proses pengeringan dan fermentasi seperti halnya teh hitam. Selain itu, kandungan kafein yang ada pada teh hijau cenderung lebih sedikit dibandingkan teh hitam. Teh hijau sendiri memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh, yaitu membantu proses pembakaran lemak, membasmi bakteri penyebab kerusakan gigi, menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan sumber antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Teh Hitam

Source: Google Image Search

Jenis teh yang satu ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi hampir di berbagai negara juga loh. Teh hitam merupakan khas Indonesia yang bisa diperoleh dengan mudah karena hampir setiap toko dan supermarket pasti menjual kemasan teh hitam siap seduh. Keharuman dan rasa teh hitam memang luar biasa nikmat. Teh hitam juga menawarkan banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung,  membantu proses hidrasi tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi, meningkatkan fokus serta memberikan efek relaksasi alami pada tubuh dan mental.

Teh Chamomile

Source: Google Image Search

Teh Chamomile merupakan salah satu teh herbal yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Teh chamomile terbuat dari bunga chamomile yang sudah melalui proses pengeringan. Rasanya yang khas dan aroma bunganya yang menenangkan membuat teh ini cocok diseduh pada pagi hari. Banyak orang menikmati teh ini sebagai pengganti teh hijau atau teh hitam yang mengandung kafein. Chamomile mengandung flavonoid, senyawa tanaman yang memberi teh ini manfaat herbal luar biasa.

Teh Putih

Source: Google Image Search

Sama seperti teh hijau, jenis ini juga tidak mengalami proses oksidasi. Bedanya yaitu daun – daun yang dipakai untuk menghasilkan teh putih berasal dari helaian pucuk daun tanaman Camilla sinensis yang sangat muda dan belum mekar yang diselimuti rambut berwarna putih. Selain itu, proses pelayuan dan pengeringan teh putih dilakukan secara alami dengan bantuan angin dan sinar matahari. Proses pengolahan tersebut membuatnya memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Maka dari itu, teh putih menjadi jenis teh terbaik di dunia.

Teh Melati

Source: Google Image Search

Teh melati berasal dari Tiongkok, tepatnya di zaman Dinasti Song. Jenis ini didapatkan dengan cara mencampurkan teh hijau maupun teh putih dengan bunga melati. Ciri khas dari teh melati sendiri adalah rasanya yang manis dan lembut. Selain itu, minuman ini juga bisa dinikmati oleh kebanyakan orang karena rasanya yang tidak terlalu pekat daripada minuman-minuman sejenis. Apalagi jika ditambah es, akan menambah rasa segar.

Teh Merah

Source: Google Image Search

Teh merah atau juga dikenal dengan sebutan oriental red tea adalah minuman teh unik dari Jawa Barat, tepatnya dari Gunung Halimun. Teh merah ini juga menggunakan daun teh hitam. Pembuatan teh merah ini melalui proses oksidasi penuh untuk mengurangi rasa pahit dari tehnya. Aroma teh merah ini sangat harum. Kalian bisa menikmati teh yang memberikan manfaat sebagai mood booster ini dengan menyeduh daun teh merah kering.

Setiap teh Indonesia memiliki cita rasa dan manfaatnya tersendiri. Untuk menikmati sejumlah jenis teh ini, kalian bisa membelinya dalam kemasan siap seduh, seperti SariWangi Teh Asli, Teh Sosro maupun merk teh lainnya. Teh – teh kemasan siap seduh bisa kalian dapatkan di supermarket, pasar, toko, maupun minimarket.

Baca juga: Jamu – Jamu Tradisional dan Khasiatnya

Baca juga: Tanaman Hidroponik Apa Saja Yang Mudah Untuk Ditanam Khususnya Untuk Pemula?

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *