Belakangan ini, boba menjadi salah satu minuman yang banyak digemari diberbagai kalangan usia, apalagi dikalangan anak muda. Salah satu minuman boba yang paling di gemari adalah “Brown Sugar Boba”.

Brown Sugar Boba sendiri merupakan campuran dari susu dingin, gula aren, dan boba, atau biasa disebut bubble atau tapioca pearls.

Beberapa gerai minuman boba menghadirkan proses pembuatan boba itu sendiri, dimana boba terdiri dari berbahan dasar tepung tapioca, yang kemudian dimasak dengan gula aren hingga menjadi boba minuman manis dan menyegarkan.

Menu minuman Brown Sugar Boba dipopulerkan pada akhir tahun 2017 oleh gerai minuman Tiger Sugar di Taiwan. Minuman tersebut diciptakan untuk membangkitkan rasa nostalgia dari makanan penutup tradisional Khas Taiwan.

Brown Sugar Boba disajikan dengan tampilan yang memanjakan mata dan menggugah selera, dengan garis-garis caramel seperti corak harimau yang mencuat dari dalam gelas minuman.

Tidak jarang minuman boba pun membuat penikmatnya rela mengantre berjam-jam, demi mendapatkan minuman favorit mereka atau hanya ekedar penasaran dengan rasa dari minuman boba.

Boba pertama kali dikenal sebagai bahan tambahan minuman susu yang kemudian disebut “Bubble Tea”. Bubble Tea sendiri sudah ada sejak 1987, dimana Chen Shui Tang di Thaicung, Taiwan menjadi rumah minum teh pertama yang memperkenalkan bubble tea.

Saat ini bubble tidak hanya populer untuk campuran minuman saja, beberapa restoran juga menggunakan boba untuk campuran makanan seperti roti bakar, shusi, hingga ramen.

Disamping popularitas Brown Sugar Boba, ahli gizi berpendapat minuman tersebut berpotensi menyebabkan kegemukan karena kandungan gula di dalam minuman tersebut melebihi takaran gula yang diperlukan oleh tubuh.

Ilmuwan gizi dari University of Alabama at Birmingham di Amerika Serikat, Matthew Blaylock menyarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi minuman Brown Sugar Boba.

Minuman terebut tidak mengandung banyak vitamin dan mineral, jadi tidak ada manfaat bagi tubuh kita. Sebab semakin banyak gula yang kita konsumsi, maka semakin banyak juga kalori di dalam tubuh, dan banyak kalori dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Melihat dari panduan Gizi Seimbang di Indonesia atau MyPlate di Amerika Serikat tentang pola makan yang sehat, Matthew menyebut gula yang dianjurkan untuk tubuh tidak lebih dari 50 gram per hari.

Oleh karenanya, jika mengkonsumsi satu gelas minuman Brown Sugar Boba, seseorang perlu melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori yang ada pada minuman tersebut.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *