Sebelum membahas toppingnya, sedikit cerita tentang asal usul donat yang sering menjadi perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti kue kering, cream pie dan pai buah (cobbler). Teori lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Hanson sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak meluas dan donat cepat matang.

Sekian cerita singkat asal usul donat. Sekarang banyak donat dengan berbagai topping, dari coklat biasa hingga nutella, sehingga biasa disebut donat kekinian. Disebut donat kekinian karena donat ini menggunakan topping – topping yang berbeda dengan donat klasik. Dari matcha hingga brownies. Jika kalian sudah merasa bosan dengan topping donat yang itu – itu saja, kalian bisa mencoba beberapa paduan rasa topping yang baru. Mulai dari smore hingga matcha, berikut topping donat kekinian yang populer.

Oreo

Oreo merupakan biskuit hitam yang populer sebagai topping pada cemilan – cemilan. Salah satunya pada donat. Oreo yang dijadikan topping lebih dulu dipisahkan terlebih dahulu antara biskuit dan krim putihnya, kemudian biskuit hitamnya ditumbuk hingga menjadi butiran – butiran halus. Setelah itu kalian taburi ke atas donat hingga menutupi lapisan atas donat. Kini banyak sekali gerai donat yang menawarkan donat dengan topping orea.

Cappuccino

Cappuccino tidak hanya nikmat untuk sajian kopi loh… Jika dicampur untuk sajian topping donat rasanya juga tidak kalah nikmat. Cara membuatnya juga mudah. Pertama, siapkan bahan – bahan dasar seperti bubuk cappuccino, gula pasir, cokelat putih dan whipped cream, kemudian bahan – bahan tersebut dilelehkan dan dicampur atau diaduk hingga merata. Setelah tercampur baru bisa dioleskan ke bagian atas donat saat donat masih hangat.

Matcha

Matcha banyak dijadikan pilihan rasa pada minuman – minuman kekinian. Tidak mau kalah, donat juga menggunakan matcha sebagai toppingnya. Bahkan banyak gerai donat yang menyediakan donat dengan topping matcha. Biasanya matcha lebih dulu diolah menjadi cairan yang kental baru kemudian dicampur dengan cokelat putih yang meleleh dan dioleskan di atas donat. Tidak sedikit gerai donat juga menambahkan beberapa potongan snack rasa matcha untuk menguatkan rasa matcha, misalnya Pocky.

Brownies Nutella

Mungkin sebagian masih ada yang belum mendengar donat dengan topping brownies dan selai cokelat hazelnut, nutella. Donat ini pertama kali dipopulerkan di Australia dan kemudian meluas hingga ke Inggris. Sajian donatnya mewah karena menggunakan brownies dan nutella sekaligus. Sebelum ditaburi topping, donat terlebih dulu dilapisi dengan glaze cokelat agar browniesnya menempel, kemudian baru ditaburi brownies yang sudah dihancurkan atau dipotong – potong kecil dan ditambah nutella di atasnya.

Smore

Smore adalah cemilan yang terbuat dari marshmallow, biskuit, dan cokelat yang dipanggang hingga agak meleleh. Cemilan smore ini populer di Amerika Serikat. Saking populernya sampai dijadikan topping untuk sajian donat. Donat yang menggunakan topping ini lebih nikmat jika marshmallow di atasnya dipanggang hingga meleleh sehingga lelehannya melumuri bagian donat. Selain tampilannya cantik, donatnya juga akan terasa lebih manis.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *