Salah satu hal yang paling diinginkan setelah menjalankan rutinitas harian adalah tidur. Tidur tidak hanya bisa mengembalikan energi yang terkuras seharian, tidur berkualitas juga memiliki manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga. Waktu tidur yang berkurang diduga dapat meningkatkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit, seperti ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik hingga diabetes.

Masalahnya, tidak sedikit orang yang mengalami insomnia ketika malam hari. Insomnia yang dialami orang-orang dipengaruh oleh berbagai macam faktor. Tidak sedikit orang yang membutuhkan bantuan untuk dapat tidur nyenyak setiap malam., salah satunya dengan menggunakan essential oil. Essential oil hadir dalam berbagai aroma weawangian yang bisa menenangkan pikiran, menghilangkan kecemasan, dan membuat tubuh lebih rileks.  

Minyak esensial mengandung struktur molekul yang kecil. Molekul kecil ini membuat seseorang lebih mudah menghirup aromanya untuk segera diserap dalam aliran darah. Aroma minyak esensial juga akan merangsang sistem limbik otak. Sistem limbik tersebut bertanggungjawab atas pengaturan suasana hati, emosi, dan perilaku naluriah. Dengan demikian, bisa memejamkan mata dan terlelap dengan mudah. 

Ada banyak essential oil yang dapat dicoba untuk mengatasi insomnia. Biasanya, varian yang punya efek menenangkan atau relaxing. Berikut ini beberapa rekomendasi aroma essential oil yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Lavender

Lavender (Lavandula angustifolia) menjadi salah satu jenis minyak esensial yang menjadi favorit banyak orang. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Iranian Red Crescent Medical Journal pada tahun 2015, dari 159 wanita postpartum (baru melahirkan) dan diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu, disebutkan mengalami peningkatan kualitas tidur.

Para partisipan dalam penelitian tersebut diminta menghirup aroma minyak lavender dari jarak 20 cm, kemudian minyak tersebut diletakkan juga di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, para partisipan menyebutkan bahwa tidurnya menjadi lebih nyenyak. Studi lain yang dilansir dalam jurnal Nursing in Critical Care di tahun 2017 menyebutkan sebanyak dua persen dari 60 orang dengan penyakit jantung yang dirawat di ruangan ICU dan diminta untuk menghirup aroma lavender melaporkan bahwa kualitas tidur meningkat dan rasa cemas berkurang. 

Essential oil lavender memiliki aroma yang manis, segar, dan khas bunga lavender yang disukai banyak orang. Tanaman lavender sendiri merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan, perawatan kulit, kebersihan, danrelaksasi. Ekstrak lavender dapat membantu memberikan ketenangan bagi tubuh serta pikiran. 

Chamomile

Tidak hanya sering dijumpai sebagai kandungan beberapa produk skincare, Chamomile juga memiliki manfaat beragam. Essential oil chamomile sendiri memiliki aroma khas spa, antara campuran bunga dan rempah-rempah. Chamomile tidak hanya ampuh ampuh untuk mengatasi alergi, aroma chamoile ini dapat memberikan efek yang menenangkan. Aroma ini sangat membantu untuk mengatasi insomnia dan gangguan syaraf.  

Apabila terbiasa minum teh chamomile sebelum tidur, maka kini bisa mencoba meneteskan minyak esensial chamomile pada bantal untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Bila dicampurkan dengan lavender, manfaat minyak esensial ini dapat memberikan perlindungan ganda untuk mengatasi stres dan kecemasan.

Sandalwood

Sandalwood oil atau yang dikenal sebagai minyak cendana atau yang dikenal menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan parfum dan pengharum ruangan. Tidak heran, aroma sandalwood oil yang sangat klasik tersebut digemari oleh banyak orang. 

Sandalwood tidak hanya laris manis di dunia minyak wangi, tapi juga di dunia medis. Sandalwood oil termasuk dalam kategori minyak atsiri alias essential oil, yang aromanya dipercaya bisa bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya sangat berguna bagi orang-orang yang mengalami insomnia.

Perpaduan aroma kayu dan tanah membuat sandalwood ini dipercaya mempunyai efek menenangkan dan meredakan kegelisahan. Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa sandalwood sangat efektif meredakan gejala kegelisahan. Penelitian lain membuktikan sandalwood oil punya efek menenangkan yang mengurangi waktu terjaga di malam hari dan meningkatkan tidur lelap.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *