Kecap menjadi salah satu bumbu masakan yang terbilang tidak pernah absen di masakan rumah. Kecap yang paling umum dan sering ditemui di setiap dapur Ibu adalah kecap manis dan kecap asin. Kecap sangat berperan penting dalam dunia kuliner sebagai penambah cita rasa masakan.

Tahukah kamu, selain kecap manis dan kecap asin, ada berbagai jenis kecap yang sering digunakan untuk masakan.

Kecap Ikan

Kecap ikan memiliki rasa asin dengan aroma yang menyengat. Kecap ikan berasal dari fermentasi ikan selama beberapa bulan hingga beberapa tahun. Kecap ikan memiliki rasa yang mirip dengan kecap asin. Tips agar kecap ikan mampu memperlezat makanan dengan maksimal adalah dengan selalu membeli yang ukuran kecil sekalipun sering digunakan agar kecap tidak mengendap.

Kecap Ikan Saiton Pontianak

Kecap ikan memiliki banyak kandungan gizi, karena merupakan dihasilkan dari fermentasi. Proses fermentasi yang terjadi di kecap ikan membuatnya memiliki kandungan nitrogen organik, amino, sodium klorida, metil keton yang tinggi, histamin serta asam amino. Beberapa kandungan gizi di dalam kecap ikan mirip seperti yang ada dalam keju.

Beberapa makanan yang menggunakan kecap ikan seperti sushi, shabu-shabu, tumis kangkung, kimchi, sapo tahu, bakso ikan, dan lain sebagainya. Jika kebetulan sedang kehabisan penyedap rasa, kecap ikan bisa jadi pengganti penyedap rasa yang tidak kalah lezat.

Kecap Inggris

Banyak yang belum bisa membedakan kecap inggris dan kecap asin, padahal dari segi bahan dan pembuatan, keduanya sangat berbeda. Kecap inggris disebut worcestershire atau worcester sauce. Bentuknya cairan encer berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan beraroma khas yang harum. Kecap inggris terbuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih.

Kecap inggris cocok digunakan sebagai saus siraman ataupun saus olesan. Kecap inggris memang dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih nikmat. Kecap ini juga menjadi bahan makanan yang cukup awet karena banyak nutrium yang mencegah bakteri atau jamur berkembang. Kecap inggris memiliki banyak kandungan gizi seperti protein karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, kalsium dan fosfor.

Kecap Inggris

Biasanya, kecap inggris digunakan untuk bumbu rendaman daging atau bumbu masakan cina,  seperti ayam goreng mentega, burung dara saus mentega, bistik, sapi lada hitam, dan lainnya. Pencampuran kecap inggris pada masakanan dapat menghasilkan aroma yang harum.

Kecap Jepang

Kecap jepang dikenal dengan nama shoyu. Pertama kali diperkenalkan oleh seorang biksu Jepang yang berkunjung ke Cina pada abad ketujuh. Bahan utama kecap jepang sebagian besar berasal dari gandum. Kecap jepang bercita rasa lebih manis dan mengandung rasa alkohol alami. Kecap jepang memiliki tekstur lebih kental dan warnanya lebih gelap.

Kecap Jepang

Kecap jepang mudah dijumpai di setiap masakan khas Jepang, seperti teppanyaki, sukiyaki, dan sashimi. Popularitas kecap jepang di Indonesia yang semakin meningkat membuat banyak orang membuka usaha restoran dan hotel yang menyediakan makanan khas Jepang. Sebetulnya, tidak hanya shoyu yang dikenal sebagai kecap jepang. Ada beberapa kecap jepang yang tidak kalah lezat dari shoyu, antara lain koikuchi, usukuchi, tamari, saishikomi dan shiro.

Kecap Jamur

Kecap Jamur

Kecap jamur memang belum terlalu popular dibandingkan dengan jenis kecap lainnya, tetapi cita rasanya tidak kalah enak dari kecap lain. Sesuai namanya, kecap ini dibuat khusus dari jamur, kemudian ditambahkan aneka bahan yang lain agar cita rasanya semakin sempurna. Kecap jamur biasa digunakan untuk ayam bakar, saus jamur, aneka tumisan, dan sup. Kecap ini juga banyak dipakai untuk masakan cina.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *