Bunga telang (Clitorea ternatea) telah dikenal sejak dulu sebagai tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan merambat yang sering ditemukan di pekarangan atau tepi hutan ini merupakan tumbuhan anggota suku polong-polongan yang berasal dari beberapa daerah di Asia, tetapi sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropis.

Warna kelopak bunganya yang biru terang dapat membuat tampilan pekarangan rumah menjadi cantik dan indah dipandang. Selain berguna untuk kesehatan, di berbagai tempat Asia Tenggara, bunga ini dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue. Kembang telang mengandung beberapa senyawa kimia seperti fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur dan ca-oksalat.

Tidak hanya warnanya yang cantik, bunga telang juga mempunyai banyak khasiat. Bahkan, pada zaman dahulu, bunga ini digunakan sebagai tetes mata pada bayi ataupun orang dewasa. Bahkan, seiring waktu, bunga ini dimanfaatkan sebagai pewarna makanan dan teh. Penasaran apa saja manfaat bunga telang? Simak penjelasannya berikut.

Melancarkan Haid

Darah kotor bisa memicu terjadinya gangguan. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa memanfaatkan akar dari bunga telang putih yang direbus lalu meminumnya secara rutin. Ramuan herbal dari bunga telang disinyalir mampu mengobati gangguan infertilitas maupun masalah haid yang tidak lancar. Selain itu, ramuan ini juga dipercaya manjur untuk mencuci darah.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Teh herbal dari bunga telang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan cara menyeduh kembang telang sebanyak dua hingga tiga kuntum dengan air panas, biarkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian siap dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon.

Mengatasi Gangguan Kecemasan

Salah satu manfaat yang ditawarkan dari bunga telang adalah membantu orang yang sedang mengalami gangguan kecemasan. Ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari jurnal Ancient Science of Life tentang penggunaan teh bunga telang dan yoga terhadap gangguan kecemasan. Penelitian tersebut menjelaskan ada 30 penderita gangguan kecemasan yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok A diberikan akar bunga telang yang telah dicampur dengan susu selama satu bulan. Peserta kelompok B menggunakan teknik yoga sebagai metode pengobatan alternatif, sedangkan para peserta grup C diberikan keduanya. Hasilnya, peserta di kelompok C memperlihatkan perkembangan yang cukup intens dalam proses penyembuhan dibandingkan kelompok terapi tunggal.

Anti Kanker

Bunga telang memiliki komponen zat aktif anti kanker. Tidak heran jika manfaat bunga telang untuk kesehatan cocok untuk mengatasi masalah kanker. Sudah ada beberapa penelitian yang dengan gamblang memaparkannya. Aktivitas anti-proliferasi ekstrak bunga telang terhadap enam jenis lini sel kanker telah diamati oleh Neda et al. (2013) dalam International Food Research Journal. Ekstrak air bunga telang potensial menghambat lini sel kanker payudara MCF-7.

Hanya saja, tanaman ini tidak terlalu efektif menghambat lini sel kanker payudara MDA-MB231, lini sel kanker ovarium, lini sel kanker serviks, lini sel kanker hati dan lini sel kanker kelamin pria. Ekstrak metanol bunga telang memiliki aktivitas menekan angiogenesis. Angiogenesis adalah proses pembentukan pembuluh darah baru yang dilakukan oleh sel kanker.

Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci hidup sehat. Berbagai macam penyakit berbahaya bisa ditangkal dengan mudah apabila tubuh memiliki imun yang kuat. Sistem kekebalan tubuh yang kuat ini bisa didapat dari manfaat bunga telang untuk kesehatan. Kandungannya teruji efektif dalam melawan berbagai bakteri yang merugikan dan membahayakan tubuh. Kabar baiknya lagi, masalah metabolisme juga bisa dilancarkan dengan bunga telang. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuannya mendorong pembakaran kalori dan meningkatkan hormon pembakaran lemak.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *