Sahur menjadi waktu yang penting sebelum melaksanakan ibadah puasa. Persiapan menu untuk sahur sederhana dan praktis di minggu terakhir pun sebaiknya dilakukan untuk menambah semangat. Minggu terakhir menjadi waktu dimana kita sudah bingung untuk masak apa untuk menu sahur. Maka dari itu, sebaiknya pilih menu sahur terakhir yang nyaman dan sehat untuk tubuh, tentunya juga harus praktis.

Telur Rebus

Telur jadi salah satu bahan pangan yang wajib ada saat berpuasa maupun tidak berpuasa. Telur juga menjadi rujukan sumber protein yang murah dan mudah diolah. Untuk santap sahur, paling praktis membuat telur rebus. Kreasi telur rebus lain yang juga patut dicoba adalah poached egg. Poached egg akan memberikan telur rebus setengah matang dengan tekstur lembut dan lumer di mulut. Poached egg lebih pas dijadikan topping roti panggang atau toast.

Telur Orak – Orik

untuk minggu terakhir yang bisa dicoba adalah telur orak-arik. Gunakan mentega atau margarin agar rasanya lebih gurih. Gunakan api kecil, kocok telur lalu tuang ke dalam wajan. Aduk-aduk perlahan hingga menggumpal. Jangan terlalu kering. Setelah beku, angkat segera, taburi merica bubuk dan garam lalu sajikan hangat. Kalian juga bisa menambahkan sayuran seperti tomat atau wortel sesuai selera. Atau taburi keju parut sesaat akan disajikan untuk menambah nutrisinya. Walaupun simple tapi tetap harus sehat yaa.

Oat Jar

Menu sahur sangat memungkinkan disiapkan sejak malam atau sembari menyiapkan menu berbuka. Salah satu ide menarik yaitu membuat oat jar, kemudian didiamkan di kulkas untuk disantap keesokan paginya. Oat kaya akan serat yang mampu menghemat pengeluaran energi juga menjaga perut kenyang lebih lama. Tambahkan yogurt, potongan buah, chia seeds atau bisa juga bubuk kayu manis untuk menambah citarasa. Tak ada salahnya menambahkan granola sehingga oat jar makin bernutrisi.

Sayur Bening

Mengonsumsi sayur bening di waktu sahur bisa menenangkan perut. Rasa hangat dan lembutnya sayur bayam bisa menambah vitamin dan mineral untuk menjalani ibadah puasa. Cara membuatnya cukup mudah, rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kencur, dan temu kunci. Terakhir masukkan sayur bayam, jagung dan tomat yang sudah dipotong-potong.

Alpukat dan Roti Gandum

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sangat penting untuk menu sahur. Karbohidrat kompleks cenderung lebih lama dicerna tubuh sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, nutrisi satu ini juga menjaga kadar gula darah sehingga kalian tidak akan mengalami kenaikan dan penurunan gula darah secara ekstrem. Roti gandum akan memberikan asupan karbohidrat kompleks sekaligus serat. Padukan dengan irisan alpukat untuk pasokan lemak tak jenuh tunggal juga serat. Sehat, simple dan praktis.

Tumis Tahu

Tahu dengan tekstur yang lembut bisa menjadi makanan sahur yang menggugah selera. Apalagi bila tahu dimasak dengan cara ditumis dengan campuran sayur bisa menambah energi. Gunakan tahu putih atau tahu sutera yang memiliki kualitas bagus. Tahu bisa dipotong kecil, lalu digoreng sedikit kering. Tambahkan saus tiram dan sedikit cabae jika suka rasa gurih pedas yang kuat. Dimakan dengan nasi hangat sudah cocok yaa.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *