Selain mendukung perkembangan UMKM, dengan berbelanja produk UMKM sendiri dapat membantu kemajuan UMKM Indonesia, terutama masing – masing UMKM yang ada di kota kalian. Salah satu komunitas di Pontianak yang membantu perkembangan dan kemajuan UMKM untuk di kenal di seluruh Indonesia yaitu UMKM Kalbar.

UMKM Kalbar didirikan pada awal tahun 2019 dengan tujuan sebagai sarana konsultasi dan wadah menjalin kerjasama dengan berbagai UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Provinsi Kalimantan Barat.

Sudah banyak produk yang dipasarkan oleh UMKM Kalbar, diantaranya ada Sambal Tempoyak hingga Tengkawang. Produk – produk yang dipasarkan yaitu produk – produk hasil kreatifitas dan keahlian masyarakat Kalimantan Barat.

Diantara semua produk UMKM yang dipasarkan, ada beberapa produk unggulan yang cocok menjadi oleh – oleh atau cenderamata untuk kalian berikan sebagai hadiah jika kalian berkunjung ke Kalimantan Barat. Produk apa saja yang cocok dijadikan sebagai cenderamata atau oleh – oleh? Yuk, kita bahas satu per satu.

Kopi Surya

Kopi Surya merupakan produk unggulan dan kebanggaan Kalimantan Barat. Sudah berdiri selama 20 tahun lamanya, pasti semua sudah sangat familiar dengan Kopi Surya. Terkenal dengan kopi robustanya membuat Kopi Surya mampu berkembang dan maju hingga sekarang. Banyak sekali Warung Kopi maupun cafe menggunakan Kopi Surya sebagai bubuk kopi pilihan mereka.

Bagi kalian yang memiliki keluarga, kerabat maupun orang tersayang yang sangat menyukai kopi, wajib untuk kalian berikan Kopi Surya sebagai cenderamata. Harga Kopi Surya sendiri sangat terjangkau, dari Rp20.000 hingga Rp35.000, tergantung size yang dipilih. Kopi Surya bisa kalian dapatkan di website kami, supermarket maupun pabriknya langsung.

Sambal Tempoyak Sedap78

Sebagian masyarakat Indonesia masih banyak yang tidak familiar dengan Sambal Tempoyak, terkecuali masyarakat Kalimantan Barat. Berbahan dasar dari durian, banyak yang merasa aneh kenapa bisa sambal berbahan dasar durian, apalagi bagi orang – orang yang tidak menyukai durian. Biasa ada yang tidak menyukai baunya, ada juga yang tidak menyukai rasanya. Tetapi, bagi masyarakat Kalimantan Barat, sambal tempoyak merupakan makanan ciri khas Kalimantan Barat.

Banyak masyarakat dari luar pulau Kalimantan Barat membeli Sambal Tempoyak untuk memenuhi rasa penasaran mereka. Bu Indri sendiri selaku pendiri Sambal Tempoyak Sedap78 sangat tidak menyangka banyak masyarakat yang antusias akan produknya. Hingga saat ini Sambal Tempoyak Sedap78 sudah memiliki 4 jenis Tempoyak, yaitu Sambal Tempoyak, Tempoyak Goreng, Sambal Tempoyak Udang dan Sambal Tempoyak Petai. Untuk harganya dimulai dari Rp31.500 hingga Rp33.000.

Teen’s Sirup Limau

Teen’s merupakan sirup yang terbuat dari sari asli jeruk limau khas Pontianak. Jeruk limau yang digunakan pastinya merupakan jeruk limau pilihan yang berkualitas. Jeruk limau yang digunakan ini sangat digemari oleh masyarakat Kalimantan Barat sebagai pelengkap atau bumbu untuk dikonsumsi bersamaan dengan berbagai makanan, misalnya bakso ataupun mie. Uniknya, Teen’s dapat digunakan sebagai sambal cocolan gorengan hingga saus toping untuk masakan.

Untuk penyajiannya juga praktis, bisa diseduh menggunakan air dingin maupun air panas/hangat. Teen’s sendiri menjadi salah satu cenderamata yang praktis dan mudah dibawa. Untuk harga perbotolnya yaitu Rp23.000, selain praktis dan murah meriah, Teen’s bisa disimpan hingga 1 tahun.

Semprong Jawi

Semprong merupakan kue kering tradisional khas Indonesia yang berbahan baku santan kelapa, ciri khasnya yang berbentuk silinder. Kue Semprong sendiri dipercayai pertama kali dibawa oleh Bangsa Portugis, karena kue semprong mirip sekali dengan kue krumkake yang asalnya dari Norwegia. Hanya saja bahan dan bentuk kue tersebut sudah dimodifikasi. Kalau kue semprong terdapat rasa gurih dari santan, krumkake tidak menggunakan santan.

Kue semprong sendiri, selain menjadi hidangan untuk lebaran, bisa juga menjadi cemilan untuk menemani kalian santai sambil minum teh maupun kopi. Harga Semprong Jawi sendiri sangat terjangkau, yaitu hanya Rp20.000/bungkus.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *