Bagi kalian yang pecinta kopi atau yang ingin mencoba menjadi salah satu penikmatnya, rasanya wajib untuk kalian ketahui apa saja perbedaan jenis minuman kopi. Selain menjadi penikmat, kalian juga memiliki pengetahuan mengenai kopi.

Sekarang kopi sedang menjadi minuman tren, karena banyaknya para wirausaha berlomba – lomba mendirikan coffee shop atau kedai kopi, dari tema yang rumahan hingga super modern. Hampir semua coffee shop memiliki menu varian kopi yang sama atau standar, seperti espresso, americano, cappuccino, hingga latte.

Biasanya banyak yang bingung apa bedanya sih setiap varian kopi? Nah, biasa bedanya ada dicara pembuatan, campuran atau bisa saja dari jenis biji kopi yang berbeda. Agar lebih mudah mengingat bedanya, yuk kita bahas satu per satu.

Espresso

Jenis kopi yang satu ini pasti sering kalian temui jika sedang berada di kedai kopi. Espresso merupakan kopi hitam yang aromanya sangat kuat dan pekat. Kopi ini dihasilkan dari ekstrak biji kopi yang sudah digiling. Secangkir espresso ini bisa kalian nikmati dengan cara menekan bubuk kopinya di dalam portafilter. Espresso juga disebut dengan ‘shot’, ada single shot dan double shot, karena penyajiannya murni dari seduhan kopi giling dan air yang mendidih tanpa ada tambahan susu, pemanis maupun krimer.

Latte

Perlu kalian ingat jika latte dengan cappucino itu jenis kopi yang berbeda ya. Komposisi kopi dan susu pada latte yaitu 3 banding 1 dan lapisan busa susunya pun lebih tipis daripada cappuccino. Latte ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mencoba kopi dengan rasa yang manis.

Americano

Americano sendiri merupakan campuran dari kopi espresso yang ditambahkan lagi dengan air panas. Cerita dibalik adanya kopi Americano adalah saat warga Amerika ingin menikmati espresso yang tidak terlalu kental dan pekat sehingga mereka menambahkan air panas ke dalam espresso. Rasanya tetap pahit tanpa ada tambahan gula dan krimer, tadaaaa, jadilah americano.

Cappuccino

Nah untuk kalian yang tidak terlalu suka dengan kopi yang terlalu pahit dan kental, kamu bisa mencoba cappuccino. Cappucino merupakan campuran antara espresso, susu dan busa susu. Tekstur yang dimiliki oleh cappucino ini halus dan juga memiliki rasa sedikit manis.

Moccacino

Moccacino adalah jenis kopi campuran espresso, susu serta coklat. Penambahan coklat pada moccacino membuat kopi terasa lebih manis dan nikmat. Untuk menambah kenikmatan pada kopi Moccachino kalian, kalian juga bisa menambahkan whipped cream ataupun marshmellow.

Affogato

Jenis kopi satu ini juga sering berada di menu kedai kopi loh. Affogato sendiri merupakan perpaduan es krim dan espresso yang dituangkan ke atas es krim. Dengan begitu kalian akan merasakan rasa pahitnya espresso dan manisnya es krim yang nikmat dalam satu suapan.

Kopi Gayo Aceh

Kopi Gayo Aceh merupakan salah satu kopi yang berasal dari Aceh dan hanya tumbuh di dataran tinggi. Rasa Kopi Gayo Aceh ini termasuk unik, enak dan tidak terlalu pahit, serta aromanya yang harum, karena hal ini kopi Gayo Aceh menjadi kopi terbaik di Indonesia.

Kopi Luwak

Siapa yang tidak kenal dengan jenis kopi ini? Kopi yang memiliki rasa yang khas dan keasaman yang pas menjadikan kopi luwak kopi termahal yang dimiliki Indonesia. Kopi yang dihasilkan dari kotoran luwak (Musang) ini menjadi incaran pecinta kopi. Prosesnya yang membuat kopi ini mahal. Kopi luwak terbaik adalah biji kopi yang dimakan oleh luwak liar dan dikeluarkan dalam bentuk kotoran lalu di olah.

Nah, sudah tidak bingung lagi kan sekarang? Jangan sampai pesanan kalian ternyata tidak sesuai lidah, karena hanya menebak – nebak apa bedanya masing – masing menu varian kopi yang tersedia. Mana yang paling kalian sukai?

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *