Selama pandemi kalian pasti ada yang bekerja dari rumah, sekolah online, semuanya serba di rumah demi menjaga kesehatan dan menjauhkan diri dari terkenanya Covid-19. Mungkin kalian sudah jenuh rasanya di rumah hanya melakukan hal – hal itu saja, agar tidak jenuh dan bikin berdiam diri di rumah seru, kalian bisa berkebun, bisa dilakukan sendiri atau bersama – sama dengan keluarga maupun orang tersayang kalian. Berkebun juga memiliki banyak, tidak hanya sekadar menciptakan ruang terbuka hijau supaya lebih asri, tetapi berkebun juga mampu membantu menjaga kesehatan jiwa dan raga, serta membangun hubungan yang lebih dekat bersama keluarga. Apa saja manfaat dari berkebun? Mari kita bahas yuk..

Sarana Olahraga

Menurut Centers for Disease Control and Prevention(CDC), memiliki kebun di rumah ternyata bermanfaat sebagai tempat berolahraga. Hal ini menyangkut kegiatan berkebun yang melibatkan latihan kekuatan otot tubuh seperti membersihkan kebun, memotong rumput, hingga menggali tanah. Kegiatan berkebun tersebut merupakan salah satu bentuk olahraga ringan. Selain itu, aktivitas berkebun juga membantu menyeimbangkan berat badan terutama bagi lanjut usia, sedangkan untuk anak – anak yang memiliki kelebihan berat badan, melakukan kegiatan berkebun juga mampu memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik.

Menghilangkan Stres atau Jenuh

Manfaat kegiatan berkebun di rumah ialah salah satunya untuk mengusir rasa jenuh dan menghilangkan stres, terutama bagi seseorang yang pernah mengalami perasaan tertekan. Sebab, aktivitas berkebun ini memerlukan fokus dan mampu jadi pengalihan pikiran penyebab rasa tertekan tersebut.

Meningkatkan Suasana Hati

Orang yang menghabiskan waktu dengan berkebun, terbukti memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang rendah. Kegiatan menyiram tanaman di kebun juga memicu otak melepas hormon serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati (mood booster).

Terhindar dari Penyakit

Kegiatan berkebun di luar ruangan, terutama pagi hari, secara tidak sadar membuat seseorang terpapar sinar matahari. Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Sinar matahari yang masuk ke dalam kulit akan diubah menjadi vitamin D oleh tubuh, vitamin D berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan memperkuat tulang.

Selain itu menjaga system kekebalan tubuh dan memperkuat tulang, manfaat lain dari vitamin D juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit kanker payudara, prostat, kandung kemih, kolorektal, dan sklerosis ganda. Tapi perlu diingat, untuk mendapat kebaikan nutrisi vitamin D dari sinar matahari jangan dilakukan secara sengaja dengan berlama – lama di bawah sinar matahari ya…

Mencegah Kepikunan bagi Lansia

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak untuk mengingat sedikit demi sedikit mengalami penurunan. Oleh sebab itu, berkebun merupakan salah satu sarana kegiatan yang bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif di otak terutama bagi lansia. Peneliti di Korea membuktikan jika aktivitas berkebun selama 20 menit pada penderita demensia, mampu meningkatkan pertumbuhan saraf otak terkait dengan memori baik. Bahkan, terapi hortikultura (berkebun) juga bisa meningkatkan kesehatan mental dan efektif sebagai metode pengobatan penderita demensia.

Google Image Search

Manfaat berkebun di rumah memang banyak, akan tetapi perlu juga memperhatikan dari banyak aspek, supaya kegiatan bercocok tanam ini tetap aman. Terutama penting untuk memperhatikan dengan benar petunjuk penggunaan bahan kimia pada tanaman dengan menggunakan sarung tangan khusus, sepatu tertutup atau perlengkapan keselamatan.

Sebelum berkebun juga jangan lupa untuk mengoleskan pelembab anti-serangga, supaya terhindar dari gigitan binatang dan perbanyak minum air putih serta istirahat sebentar. Terkadang, beberapa orang memaksakan tetap berkebun walaupun matahari sedang terik dan melupakan istirahat sampai berakibat menurunnya kondisi tubuh.

Selanjutnya bila berkebun dengan anak – anak, penting untuk memperhatikan pemakaian benda tajam atau penggunaan bahan kimia supaya kalian pun tetap selamat dana man ketika berkebun.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *