Beberapa waktu ini, banyak konten kreator youtube yang menyuguhkan video-video ASMR. Video ASMR yang berseliweran tersebut, ternyata menuai banyak respon positif dari yang menontonnya. ASMR merupakan kepanjangan dari Autonomous Sensory Meridian Response. Hingga saat ini, sudah banyak pembuat konten youtube AMSR. Tema konten ASMR yang dibuat pun beragam. Mulai dari suara mengunyah, suara bisik, suara air, dan masih banyak lagi.

Jadi, mengapa ASMR begitu menjadi konten favorit banyak orang-orang dewasa ini? Menurut sumber, ASMR terdiri dari bebunyian yang dianggap menenangkan. Biasanya, tubuh akan menghasilkan dan merasakan euforia kecil. Euforia kecil ini ditandai dengan munculnya kombinasi perasaan positif dan sensasi pada kulit. Ada sebuah penelitian mengenai ASMR ini. Hasilnya, dikatakan bahwa ASMR kemungkinan berhubungan dengan sinestesia. Sinestesia adalah kondisi masukan sensorik yang dialami oleh satu indra, dirasakan secara bersamaan oleh indra lain.

Sebagai contoh, ketika mencium bau sesuatu, kita bisa menerka-nerka bau tersebut berasal dari sesuatu yang mempunyai rasa. Contoh lainnya, ketika melihat warna merah, tiba-tiba lidah seakan-akan merasakan rasa pedas. Kendati demikian, secara sains belum ditemukan jawaban konkrit tentang bagaimana hubungan ASMR dan aktivitas otak.

Secara umum, ada beberapa tipe ASMR yang bisa dinikmati audiens. Apa saja tipe ASMR tersebut? Berikut daftarnya.

Bisikan

Sensasi apa yang dirasakan saat mendengar suara orang berbisik tepat di telinga? Ya, sebagian besar orang pasti merasakan sensasi tertentu saat mendengar bisikan. Oleh karena itu, bisikan masuk dalam kategori suara ASMR yang paling umum. Sensasi yang ditimbulkan bisikan bisa berbeda tergantung jenis bisikan yang didengar.

Ketukan

Ketukan termasuk salah satu tipe suara ASMR yang cukup kontroversial, karena sebagaian orang menganggap suara ketukan sebagai pemicu yang bisa membantu tidur dan bermeditasi. Di sisi lain, ada pula golongan yang merasa risih dan merasa tidak nyaman saat mendengar suara ketukan yang berulang.

Garukan

Menggaruk permukaan keras yang lembut menggunakan kuku adalah pemicu ASMR yang popular saat ini. Beberapa orang merespon baik terhadap goresan yang lambat, sedangkan sebagian lebih menyukai suara garukan yang cepat atau berirama.

Suara Pekerjaan

Percaya atau tidak, suara orang yang sedang melakukan pekerjaan seperti mengetik, melukis, mencukur rambut, dan sebagainya dapat memicu efek ASMR. Bahkan, efek-efek suara ini cukup diminati sebelum video ASMR mulai terkenal di YouTube. Sebagian orang menganggap jenis suara ini membuat pikiran tenang dan tubuh jadi lebih rileks.

Tiupan

Suara tiupan dapat menjadi pemicu ASMR yang bekerja dengan dua cara. Pertama, dari suara tiupan itu sendiri, khususnya jika direkam dalam bentuk binaural yang menghasilkan sensasi menyenangkan bagi pendengarnya. Kedua, suara tiupan memunculkan perasaan pribadi terhadap seseorang. Jarak suara tiupan dari telinga menjadi faktor penting bagi sebagian besar pendengarnya.

Suara Benda yang Mengerut

Salah satunya berasal dari suara kerutan plastik. Beberapa orang mungkin membencinya, tapi tidak sedikit pula orang benar-benar menikmatinya. Suara kerutan yang cepat dan tidak beraturan mungkin menjengkelkan, tapi kerutan yang lambat dan disengaja cenderung disukai penikmat video ASMR.

Manfaat yang diberikan ASMR ternyata dinilai mengesankan, terutama bagi orang-orang yang mengalami depresi. Manfat-manfaat yang dapat dirasakan dari menonton dan mendengarkan ASMR antara lain:

Merasa Rileks

Hasil studi dari Universitas Sheffield mengungkapkan bahwa banyak orang yang menonton video ASMR mengklaim dirinya merasa senang setelah mendengarkan suara dari video ASMR tersebut. Mereka merasa lebih tenang dan memiliki detak jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan sebelum mereka mendengarkan ASMR. ASMR  adalah sensasi yang dialami oleh beberapa orang sebagai respon terhadap suara tertentu, digambarkan sebagai sensasi hangat, kesemutan, dan menyenangkan dimulai dari puncak kepala dan menyebar ke seluruh tubuh.

Perasaan Positif

Para peneliti juga mencari tahu apakah menonton video ASMR dapat menghasilkan perasaan rileks dan perubahan yang menyertai dalam tubuh seperti penurunan detak jantung. Ternyata, selain merasa rileks, orang-orang yang terlibat dalam ASMR juga dilaporkan merasa lebih positif dan terhubung secara sosial.

Mengatasi Insomnia

Beberapa ahli psikologi berpendapat efek ASMR mirip meditasi, salah satunya membuat ASMRtists menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah tertidur. Bahkan, para penikmat video ASMR mengklaim lebih mudah terlelap, sehingga banyak orang menyatakan ASMR cocok dinikmati oleh para penderita insomnia. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mendengarkan ASMR melalui siaran podcast maupun video yang diunggah secara online. Biasanya, siaran ASMR dilakukan dengan berbisik perlahan, menggosokkan dua benda dengan lembut, menyisir rambut, dan kegiatan yang bertujuan untuk relaksasi lainnya. Penelitian lain yang dilakukan Sheffield University di Inggris menunjukkan bahwa orang yang senang mendengarkan dan melihat video ASMR dapat mengatasi insomnianya. Hal ini disebabkan video ASMR memiliki manfaat terapeutik dengan mengurangi detak jantung dan merangsang munculnya perasaan positif dalam diri seseorang.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *