Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup agar organ berfungsi normal. Kurangnya asupan cairan beresiko memicu dehidrasi. Dehidrasi menimbulkan beberapa gejala termasuk kelelahan, sembelit, dan penurunan konsentrasi.

Kebutuhan cairan per hari bervariasi pada setiap orang, tergantung berat badan, kondisi lingkungan, aktivitas fisik dan fungsi usus. Namun, umumnya direkomendasikan asupan cairan sebanyak 8 gelas per hari atau sekitar 1,8 liter. Apalagi pada saat berpuasa, kita diharuskan untuk memperbanyak minum air putih. Tapi untuk kalian yang tidak suka atau merasa bosan untuk minum air putih, air putih bisa kalian ganti dengan minuman lain. Apa saja minuman yang dapat menggantikan cairan tubuh selain air putih?

Air Kelapa

Air kelapa merupakan cairan alami yang kaya akan elektrolit, terutama potasium dan magnesium. Pada saat kalian mengalami diare, elektrolit tubuh akan mulai mengalami gangguan. Biasanya air putih saja tidak cukup untuk menggantikannya. Maka dari itu penambahan konsumsi air kelapa murni dapat sangat membantu untuk mengembalikan cairan elektrolit yang hilang.

Jika elektrolit tubuh terganggu dan tidak segera digantikan, kalian mungkin dapat mengalami gejala – gejala seperti badan lemas, tangan gemetar hingga sulit berkonsentrasi. Apabila gangguan elektrolit yang dialami tergolong sangat berat, bisa menyebabkan gangguan jantung.

Susu

Susu sapi juga bisa menjadi pilihan minuman untuk dehidrasi. Pasalnya, minuman ini kaya elektrolit, seperti garam, kalsium, serta kalium. Susu sapi juga tinggi kandungan karbohidrat dan protein. Kedua nutrisi ini penting untuk mengembalikan kekuatan otot serta menggantikan glikogen hilang setelah kalian berolahraga.

kalian bisa memilih susu full cream, low fat ataupun skim sesuai selera kalian masing – masing. Tetapi, susu cokelat lebih disarankan daripada susu putih sebagai minuman untuk dehidrasi. Pasalnya, kandungan karbohidrat dalam susu cokelat mencapai 2 kali lebih banyak dari susu putih. Bila kalian ada yang alergi terhadap susu sapi, susu kedelai juga bisa menjadi alternatif. Walau tidak memberikan manfaat serupa susu sapi, susu ini tetap dapat membantu kalian untuk menggantikan elektrolit dan cairan tubuh yang hilang.

Infused Water

Kalian bisa memberikan rasa pada air putih tanpa harus menambahkan sirup atau jenis gula tambahan. Kalian cukup menyiapkan botol minum, air putih, dan potongan buah sesuai selera. Buah apapun bisa ditambahkan pada air seperti apel, stroberi, jeruk, persik, atau beri. Kemudian simpan campuran air dan potongan buah di dalam kulkas. Infused water pun siap dinikmati keesokan harinya. Infused water basically masih bisa dianggap air putih.

Teh Herbal

Asupan cairan harian bisa juga dipenuhi dengan konsumsi teh herbal. Ada beberapa macam teh herbal seperti teh adas, teh jahe, teh kamomil, teh kunyit, teh rosela, dan teh bunga krisan.

Rasa dan aroma teh herbal dijamin tidak akan membuat aktivitas minum terasa hambar dan membosankan. Bahkan, teh herbal juga memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan. Tidak hanya membantu menjaga kalian tetap terhidrasi, tapi teh herbal juga menenangkan saraf yang lelah dan menenangkan pikiran kalian.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *