Kafein dalam kopi membuat mata melek. Selain kopi, kalian juga bisa membuat mata melek dengan minuman lain selain kopi. Dorongan energi dan efek melek yang diciptakan membuat orang menggilai kopi. Namun, terlalu banyak asupan kafein jelas tidak baik untuk kesehatan. Kalian perlu mempertimbangkan untuk mencari alternatif minuman penggantinya.

Jika kalian menyukai rasa kopi, maka pilih alternatif yang memiliki rasa kurang lebih serupa. Kemudian jika soal kandungan kafeinnya, banyak pula minuman dengan kandungan kafein lebih ramah dari kafein di dalam kopi. Yang penting, setidaknya alternatifnya musti membuat kalian senang dan tentunya membuat mata melek, terutama ketika mengantuk sewaktu kerja. Berikut yang mungkin bisa jadi alternative minuman untuk membuat mata melek.

Teh Hijau

Teh hijau melalui pemprosesan minimal sehingga memiliki manfaat kesehatan paling besar di antara jenis teh lain. Riset menunjukkan, orang yang minum teh hijau jauh lebih kecil kemungkinan terkena kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, lambung, dan kolorektal. Terutama kafein dalam teh hijau membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme. Hingga kini masih terjadi perdebatan soal seberapa banyak konsumsi teh hijau yang aman. Namun, untuk manfaat maksimal, disarankan sekitar 3-5 cangkir teh per hari.

Air Lemon

Jika ngopi biasa menjadi ritual memulai hari, tidak perlu ribet dan bingung karena kalian bisa menggantinya dengan air lemon. Air lemon bebas dari kandungan kafein dan kalori. Minuman ini akan berperan sebagai antioksidan berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya.

Vitamin C berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang sangat penting di masa pandemi sekarang. Vitamin C juga berfungsi untuk membuat kolagen atau protein yang menyediakan struktur dasar untuk kulit, tendon, dan ligamen. Mengutip dari Healthline, cukup satu gelas air lemon atau 1 sendok makan perasan lemon ditambah 237 mililiter air sudah menyediakan 10 persen dari kebutuhan vitamin C harian kalian.

Hot Chocolate

Mendengarnya saja mungkin sudah langsung terasa hangat. Cokelat panas selalu pas, terlebih jika mood sedang kacau atau saat ingin mendapat dorongan energi untuk beraktivitas.

Bubuk kakao memiliki cita rasa yang mirip dengan kopi sehingga cocok untuk dijadikan alternative pengganti kopi. Kakao juga mengandung magnesium yang dapat membantu otot-otot tubuh rileks, jadi jika kalian bergantung pada kopi untuk membantu menjaga kalian tetap terjaga, menyeduh cokelat panas juga bisa membantu.

Matcha

Matcha merupakan racikan teh khas Jepang di mana daun teh muda digiling hingga menjadi bubuk. Ini alternatif kopi yang baik sebab sama-sama mengandung kafein dan memiliki rasa agak pahit. Matcha mengandung kafein bersama dengan L-theanine, asam amino yang menenangkan pikiran tanpa rasa kantuk. Dalam sebuah studi, L-theanine bisa bekerja mirip efek kafein untuk menghasilkan efek positif pada kognisi dan suasana hati. Energi yang dihasilkan pun tidak menimbulkan gelisah, tetapi lebih santai.

Kombucha

Kombucha akhir-akhir ini cukup ramai dibicarakan dan digaungkan sebagai minuman dengan manfaat kesehatan. Kombucha sendiri terbuat dari fermentasi teh hitam dengan koloni bakteri dan ragi (scoby) serts gula. Hasil fermentasi menghasilkan probiotik, asam asetat, dan antioksidan. Riset pada hewan dan tabung percobaan menunjukkan, kombucha bisa meningkatkan sistem kekebalan, memperbaiki kadar kolesterol, dan kadar glukosa darah. Rasanya yang asam dan ada sensasi ‘semriwing’ di lidah seperti soda dijamin membuat kalian auto melek.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *