Suatu perayaan pasti akan terasa kurang lengkap jika tanpa makanan, seperti saat perayaan malam pergantian tahun yang seringkali dihabiskan dengan acara berkumpul bersama keluarga sambil menikmati menu makanan khas tahun baru.

Di Indonesia khususnya, malam pergantian tahun baru selalu dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga besar sambil menyantap hidangan – hidangan yang cocok sebagai pelengkap tahun baru, seperti ayam bakar, ikan bakar, jagung bakar hingga sosis. Kalian juga dapat menemukan banyak penjual dadakan yang muncul saat tahun baru yang menjual makanan – makanan wajib ini. Sehingga kalian tidak akan kesusahan atau repot untuk memasak makanan – makanan tersebut.

Apa saja sih menu yang cocok untuk perayaan tahun baru? Yuk kita simak satu persatu.

Ayam Bakar

Source: Google Image Search

Ayam bakar menjadi menu yang cocok untuk merayakan malam pergantian tahun. Biasanya, jagung bakar dan ayam bakar menjadi satu paket yang tidak terpisahkan. Kalian bisa menikmatinya dengan nasi ataupun tanpa nasi. Hal inilah yang membuat ayam bakar menjadi salah satu menu yang cocok saat merayakan tahun baru.

Jagung Bakar

Source: Google Image Search

Sebelum malam pergantian tahun, pasti kalian banyak menemukan penjual yang menjual jagung bakar maupun yang belum dibakar di pinggir jalan. Dikarenakan jagung bakar telah menjadi makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan saat perayaan malam pergantian tahun. Di Indonesia, menikmati jagung bakar saat malam tahun baru memang sudah menjadi kebiasaan, seperti telah menjadi tradisi turun – temurun yang harus dilakukan saat merayakan tahun baru agar merasa lengkap.

Sosis

Source: Google Image Search

Sosis juga tak kalah lezat dari ayam maupun jagung bakar. Masaknya juga  lebih cepat dan mudah. Mau digoreng atau dibakar, rasanya sama – sama nikmat. Akan semakin nikmat ditambahkan berbagai saus pilihan, seperti saus sambal, saus jamur, BBQ, saus tomat, dan saus lainnya, tergantung selera kalian.

Kentang Goreng

Source: Google Image Search

Selain sosis, makanan praktis lainnya yang mudah cocok untuk disajikan saat tahun baru adalah kentang goreng. Selain mudah membuatnya, kentang goreng juga merupakan makanan favorit semua orang, baik anak kecil maupun orang dewasa akan menyukai kentang goreng. Kentang goreng juga cocok dipadukan dengan makanan-makanan barbeque, seperti ayam bakar atau sosis bakar.

Ikan Bakar

Source: Google Image Search

Selain ayam dan jagung bakar, yang cocok untuk sajian tahun baru yakni ikan bakar. Ikan bakar bisa jenis apa saja, tapi akan lebih nikmat jika itu ikan gurame, baronang, kerapu, bawal, dan masih banyak lagi. Agar tidak bau amis, tambahkan bumbu dan jeruk lemon. Untuk bumbu bisa dengan kecap manis, bawang merah dan putih, merica, garam, hingga jeruk nipis.

Pizza

Source: Google Image Search

Bagi kalian yang tidak mau ribet menyiapkan bahan-bahan atau alat untuk barbeque, biasanya  akan menyiapkan makanan cepat saji, seperti pizza. Selain rasanya yang lezat, pizza juga sangat cocok untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Kalian juga bisa mendapatkannya dengan mudah, hanya dengan membeli atau memesan melalui ojek online. Praktis bukan?

Minuman Segar atau Soda

Source: Google Image Search

Perayaan tahun baru tidak lengkap rasanya tanpa minum – minuman segar atau soda. Minuman tersebut dapat bikin mulut segar setelah menyantap berbagai makanan di atas. Semakin enak kalau kalian juga berikan es batu. Perpaduan yang menyegarkan banget.

Itulah menu yang cocok untuk perayaan tahun baru. Selamat tahun baru untuk kita semua ya….

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *