Bagi mereka yang diet, biasanya pantang banget untuk makan malam, karena makan di malam hari katanya bisa membuat tubuh lebih gemuk daripada sarapan maupun makan siang. Terkadang ada yang tidak makan malam, ada yang makan hanya 2 sendok nasi, hingga ada yang hanya minum susu agar tidak lapar.

Inilah beberapa menu makan malam yang simpe, enak dan sehat yang pastinya aman untuk kalian yang diet.

Tempe & Tahu

Jangan salah, walaupun tempe dan tahu terdengar bukan makanan mewah, tapi keduanya bisa memberikan rasa kenyang yang berkualitas dan juga berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Satu potong tempe, sudah mengandung kira – kira 31 gram protein. Tidak heran kalau tempe bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Begitu juga dengan tahu, yang katanya bisa menjadi sumber protein terbaik untuk vegan maupun vegetarian. Selain itu, tahu juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Menu makan malam yang satu ini, selain sehat dan lezat juga mengajarkan kita untuk tidak menilai makanan hanya dari penampilan maupun harga, tapi juga kandungan nutrisi yang dikandungnya.

Ikan

Ikan khususnya tuna, makarel, hingga salmon adalah menu makan malam yang sangat menyehatkan. Kombinasi antara vitamin D dan asam lemak omega 3 yang dikandung ikan, dipercaya dapat membantu kalian tidur lebih nyenyak. Kenapa bisa? karena menu makan malam sehat ini bisa merangsang pelepasan hormon serotonin di dalam tubuh. Bahkan, dalam suatu studi, para responden yang memakan 300 gram salmon sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 6 bulan, bisa tidur lebih cepat dibandingkan mereka yang mengonsumsi daging ayam atau babi. Mix atau campurkan saja ikan – ikan yang sudah dikukus atau dipanggang dengan sayur kesukaan kalian. Selain lezat, tentunya menu makan malam ini juga sehat.

Sop

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pastinya sangat menyukai sop. Selain menyehatkan, menyantap sop ayam dan sayuran juga bisa menenangkan tenggorokan. Bahkan, menu makan malam ini juga menyehatkan karena banyak sayuran di dalamnya. Tak hanya kentang, kalian juga bisa tambahkan wortel ataupun kembang kol ke dalam sop kalian. Kentang bisa mengurangi peradangan dan sembelit, sedangkan wortel bisa mencegah kanker karena mengandung karotenoid.

Salad Buah

Bagi kalian yang ingin makan malam santai dengan keluarga, salad buah sajian yang pas untuk makan malam bersama keluarga. Makan malam yang mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi ini, cocok disantap oleh anak – anak hingga orang dewasa, apalagi untuk kalian yang diet. Karena, buah – buahan mengandung kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Faktanya, buah-buahan memang bisa menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit diabetes, kanker, serta tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa menu makan malam yang simple, enak dan sehat. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan berminyak atau digoreng yaa…

Baca juga:

Menu Sarapan Praktis Dan Sehat Tidak Bikin Repot

Jajanan Seru Malam Hari di Kota Pontianak

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *