Selama bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa. Ibadah puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang khusus dilaksanakan selama bulan Ramadan. Waktu puasa dimulai saat subuh dan berakhir ketika matahari terbenam atau saat Maghrib.

Banyak negara yang memiliki waktu puasa berlainan. Ada negara dengan waktu puasa yang cepat, ada juga yang lama. Berikut sejumlah negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia.

Finlandia

Finlandia adalah salah satu negara yang memiliki waktu puasa terlama di dunia. Umat Muslim harus menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih 20 jam saat berpuasa di Finlandia.

Perbedaan lama waktu puasa antara satu kawasan dengan kawasan lainnya disebabkan oleh kedudukan matahari yang berbeda-beda, tergantung kedudukan garis lintangnya. Finlandia terletak di lintang utara, maka waktu puasanya pun menjadi lebih panjang dari kawasan lainnya.

Islandia

Negara Islandia terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Islandia dikenal karena keindahan auroranya. Negara ini memiliki waktu berpuasa bagi umat muslim selama 22 jam.

Inggris

Inggris juga masuk ke dalam negara yang memiliki waktu berpuasa terlama. Negeri Ratu Elizabeth ini mempunyai waktu puasa selama kurang lebih 19 jam.U mat muslim di Inggris mulai makan sahur sekitar pukul dua pagi dan berbuka puasa sekitar pukul 9 malam.

Jerman

Tidak jauh berbeda dengan Inggris, di Jerman masyarakat muslim harus menjalankan puasa selama 19 jam dalam sehari. Negara yang terletak di Eropa bagian barat ini mulai berpuasa sekitar pukul empat pagi dan waktu berbukanya adalah pukul 10 malam.

Swedia

Negara Swedia juga menjadi negara terlama berpuasa, yaitu sekitar 20 jam. Umat muslim di Swedia makan sahur pukul 02.30 pagi waktu setempat dan berbuka puasa pada pukul 10.00 malam waktu setempat.

Rusia

Kota Murmansk merupakan salah satu kota berada di negara Rusia yang memiliki durasi puasa terlama di dunia pada Ramadan 2021. Waktu puasa di kota tersebut berdurasi hampir 18 jam, tepatnya 17 jam 55 menit. Hal ini terjadi karena jarak durasi antara matahari terbit dengan matahari tenggelam sangat panjang. Di Kota Murmansk, matahari sudah terbit pukul 2.43, sementara itu, matahari tenggelam pada pukul 20.38.

Kanada

Negara yang terletak di benua Amerika dan hampir berdekatan dengan bagian utara bumi ini mempunyai durasi puasa selama 19 jam. Muslim di Kanada memulai sahurnya sekitar pukul tiga pagi dan berbuka puasa sekitar pukul sembilan malam. Beberapa wilayah di Kanada memiliki waktu puasa yang berbeda. Contohnya, muslim di Kota Toronto menjalankan puasanya selama 16 jam, sedangkan muslim di Kota Edmonton menjalankan puasanya selama 19 jam.

Turki

Di Turki umat muslimnya menjalankan puasa selama 19 jam. Muslim di Turki memulaii sahur pada pukul tiga pagi dan berbuka puasa pada pukul sembilan malam.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *