Sarapan pagi ternyata memiliki banyak manfaat. Selain bisa memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas, sarapan pagi juga bisa membantu menurunkan berat badan bahkan hanya dengan sepotong roti panggang dan telur loh. Oleh karena itu, sebaiknya sarapan jadi rutinitas harian di pagi hari yang tidak boleh terlewatkan. Bagaimana cara sarapan dapat membantu menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya.

Membuat perut kenyang lebih lama

Nutrisionis Lisa Young mengatakan, sarapan membantu perut merasa kenyang lebih lama. Karena perut merasa kenyang, maka kalian tidak perlu makan kudapan atau makanan lain sebelum jam makan siang.

Kunci untuk rasa kenyang lebih lama setelah sarapan adalah dengan kombinasi bahan makanan padat gizi. Beberapa komposisi yang kalian perlukan yaitu seperti protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks yang kaya serat. Kombinasi dari bahan-bahan ini akan membantu kalian merasa kenyang lebih lama.

Terhindar dari lapar tengah malam

Sarapan di pagi hari ternyata bisa membuat kalian tidak merasa lapar saat tengah malam. Nutrisionis Amy Goodson mengatakan, orang yang menghindari sarapan cenderung akan merasakan lapar tengah malam. Akibatnya, mereka makan tengah malam dan menyebabkan kalori menumpuk di tubuh. “Sarapan dengan karbohidrat, protein, dan serat dapat membantu menormalkan gula darah, sehingga Anda tak perlu ngidam tengah malam,” katanya.

Mendapat serat

Menurut American Heart Association, manusia idealnya mengkonsumsi 25-30 gram serat setiap hari. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan serat yang cukup, apalagi jika melewatkan sarapan. Makanan yang disajikan untuk sarapan seperti oatmeal, roti gandum, buah-buahan, bahkan sereal, biasanya mengandung serat yang dibutuhkan tubuh. Sarapan dengan dua helai roti gandum dan telur bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Pemenuhan serat yang tercukupi juga bisa membantu rasa kenyang lebih lama yang berkontribusi pada diet kalian. “Serat adalah kunci dalam membantu tetap kenyang untuk mencegah makan berlebihan saat menurunkan berat badan,” kata Ahli Nutrisi di Universitas Hawai, Jinan Banna.

Mendapat protein

Selain mendapatkan serat, kalian juga mendapatkan protein dalam sarapan. Asupan protein yang disarankan adalah 20-30 gram untuk sarapan kalian, dibarengi dengan karbohidrat kaya serat. Sarapan dengan telur atau yogurt direkomendasikan dalam menu makan pagi kalian. Kedua makanan ini dapat membuat kalian merasa kenyang lebih lama  dan mengurangi asupan makan berlebihan. Setelah tahu manfaat sarapan, sebaiknya kita tidak melewatkannya di pagi hari. Menurut Healthline, beberapa menu sarapan seperti telur, gandum, buah beri, pisang, kacang, dan oatmeal merupakan menu terbaik di pagi hari yang bisa menurunkan berat badan. Menu sederhana seperti roti gandum panggang dengan telur, oatmeal dengan buah, atau perpaduan yogurt dan buah bisa jadi pilihan menu makan pagi kalian. Jika terlalu sibuk, kalian bisa juga hanya dengan memakan apel yang sudah dioleskan selai kacang untuk menu sarapan. Perpaduan ini juga tak kalah bernutrisi dan nikmat di lidah.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *