Jalan kaki merupakan olahraga yang ringan untuk kalian yang malas atau tidak kuat berlari. Walaupun dilakukan nyaris tanpa effort dan keringat, namun banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari berjalan kaki.

Ternyata berjalan kaki untuk olahraga dan kesehatan memerlukan postur tubuh yang baik dan gerakan terarah. Mata lurus ke depan sehingga kepala tidak menunduk, leher, bahu dan punggung rileks, lengan mengayun bebas, otot perut sedikit menegang dan punggung lurus.

Jika postur sudah baik, maka kalian mendapatkan manfaat maksimal dari jalan kaki. Jadi, apa saja manfaat kesehatan yang kita dapat ketika berjalan kaki?

Menjaga Berat Badan

Jalan kaki secara teratur tanpa sadar membuat lingkar pinggang semakin kecil. Karena, jalan kaki dapat membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin sehingga mengurangi lemak perut. Sebaiknya buat variasi rute atau kontur medan dan coba juga variasikan kecepatan berjalan kaki.

Michele Stanten, pelatih jalan kaki, mengingatkan untuk memberikan interval saat jalan kaki. “Berjalan dengan interval benar-benar meningkatkan ‘after burn’ Anda [kalori yang terbakar setelah jalan kaki selesai],” kata Stanten, mengutip dari Prevention. Untuk menambahkan interval, ia memberikan saran melakukan pemanasan selama 3 menit. Kemudian, habiskan 25 menit untuk bergantian melakukan jalan kaki kecepatan sedang selama 1 menit, lalu jalan kaki cepat selama 1 menit. Akhiri dengan proses pendinginan selama 2 menit.

Mengurangi Nyeri Sendi

Rasa sakit atau nyeri pada sendi membuat orang urung serta malas untuk melakukan aktivitas fisik. Anggapan ini sebaiknya dihapus, sebab dengan jalan kaki akan membantu melindungi sendi, termasuk sendi pada lutut dan pinggul. Jalan kaki akan membantu lubrikasi dan menguatkan otot yang menyokong sendi. Jalan kaki sangat disarankan bagi mereka yang mengidap arthritis atau radang sendi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Rutin jalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur kalian, lho. Penelitian menunjukan, bila konsisten berjalan kaki setiap hari setidaknya 10.000 langkah, jam tidur dan kualitas tidur akan lebih baik. Selain itu, peneliti dari Universitas South Australia mengatakan adanya hubungan dua arah. Bila istirahatnya berkualitas, seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik. Kalau sudah aktif secara fisik, akan cenderung merasa capek dan tidur pun lebih nyenyak.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung secara keseluruhan juga ikut terpengaruh bila konsisten jalan kaki. Berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen, bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 32 persen. Manfaat ini sungguh baik, bahkan jika kalian hanya berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3,2 km per jam. Orang – orang yang berjalan lebih jauh, berjalan dengan kecepatan lebih cepat, atau keduanya, memungkinkan mendapat perlindungan terhadap sakit jantung yang lebih besar dari berjalan kaki rutin.

Membuat Mood Jadi Lebih Baik

Selain dapat mengurangi stres, olahraga yang juga termasuk jalan kaki, secara positif memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur suasana hati. Sebuah ulasan dalam jurnal kesehatan Mental Health and Physical Activity tahun 2012 menemukan, jalan kaki bisa membantu mengurangi gejala depresi. Kemudian, studi oleh Universitas Duke, AS, dalam jurnal Psychosomatic Medicine pada 2007 menunjukkan bahwa olahraga sama efektifnya dengan antidepresan dalam mengurangi depresi. Risiko untuk kambuh pun berkurang.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *