Ketika merasa lapar pada tengah malam, pasti ada dilema antara tidur tak tenang atau kenaikan berat badan. Namun sebenarnya, tidak ada yang salah dengan makan ketika lapar di tengah malam.

Faktanya, sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa makan makanan kecil bergizi di malam hari bisa baik untuk tekanan darah, kolesterol, berat badan, dan resistensi insulin. Yang menjadi catatan, kalian bisa makan satu jam sebelum tidur kembali, agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan. Ini beberapa makanan yang dapat kamu santap pada tengah malam tanpa takut untuk naik berat badan.

Oatmeal

Oat merupakan biji-bijian kaya serat yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol, kontrol gula darah yang lebih baik dan penurunan risiko kanker serta penyakit jantung. Cara yang paling pas untuk memasak oat yaitu dengan air dan menambahkan biji chia ke dalamnya untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

Selai Kacang & Buah – Buahan

Selai kacang mengandung protein dan lemak sehat. Kalian dapat memilih selai kacang dan mencampurkannya dengan buah-buahan seperti apel, pisang, atau beri. Atau kalian juga bisa tambahkan sejumput kayu manis ke dalamnya untuk menambah rasa. Kayu manis adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Itu juga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu camilan yang tidak akan membuat berat badan kalian naik walaupun dikonsumsi pada waktu tengah malam. Dengan makan kacang almond, proteinnya akan membantumu memperbaiki otot dan seratnya akan membuat kalian merasa kenyang. Almond adalah salah satu makanan yang mampu membakar lemak. Kalau sedang diet, ngemil almond saja sampai kenyang.

Cokelat

Cokelat juga jadi salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi saat lapar tengah malam. Namun cokelat yang baik dikonsumsi bukan cokelat olahan dengan beragam cita rasa. Sebaiknya pilih jenis dark chocolate atau bisa juga membuat cokelat sendiri di rumah. Pastikan tidak memilih cokelat dengan banyak gula dan pemanis buatan, apalagi mengonsumsinya saat tengah malam dimana aktivitas berkurang.

Plain Greek Yogurt

Greek yoghurt dikemas dengan protein, kalsium, dan probiotik. Probiotik adalah bakteri sehat yang membantu kalian membangun mikrobioma usus yang sehat yang dapat memengaruhi segalanya mulai dari pencernaan hingga kekebalan tubuh kalian.

Es Loli Buah Segar

Siapa yang tidak suka es loli? Olahan es bertangkai ini biasanya terbuat dari susu hingga jus buah. Rasanya manis, namun ada juga yang asam dengan sensasi menyegarkan. Es loli paling nikmat disantap saat panas terik di siang hari, namun es loli ini direkomendasikan sebagai camilan sehat saat lapar tengah malam. Jenis yang disarankan adalah yang terbuat dari buah-buahan segar. Seperti semangka, stroberi, dan buah lain yang kaya vitamin.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *