Selain dari sinar matahari, vitamin D bisa kalian dapatkan juga dari makanan. Beberapa jenis makanan memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk tubuh. Banyak orang mengonsumsi suplemen vitamin D dan berjemur di bawah sinar matahari saat pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan demi mendapat kekebalan tubuh agar terhindar dari virus SARS-CoV-2. Berjemur memang bisa membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh, namun sebenarnya berjemur saja tidak cukup memenuhi kebutuhan harian vitamin D.

Selain itu, berjemur juga tidak disarankan dalam waktu lama, para ahli menyarankan cukup 10-15 menit saja. Perlu diketahui bahwa vitamin D adalah vitamin larut lemak. Artinya, tubuh memerlukan lemak untuk bisa memproses vitamin D agar fungsinya tercapai. Di dalam tubuh, vitamin D berfungsi menyerap mineral kalsium, membantu penguatan tulang dan gigi, membantu membentuk sistem kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Sebenarnya untuk orang yang sehat tidak perlu mengonsumsi vitamin D karena kebutuhan hariannya bisa didapat dari makanan. Hanya saja, pastikan makanan yang kalian konsumsi merupakan makanan sehat, bergizi dan mengandung vitamin D.

Kuning Telur

Google Image Search

Kuning telur memiliki reputasi buruk karena bisa meningkatkan kolesterol jahat. Meski demikian, bukan berarti kalian menghindari makan kuning telur. Kuning telur kaya akan vitamin D, seng, dan selenium yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Kuning telur ternyata masuk dalam kelompok makanan yang mengandung vitamin D. Kuning telur diketahui mengandung lemak, vitamin, dan mineral. Sedangkan bagian putihnya kaya akan protein. Satu butir putih telur juga diketahui mengandung 37 IU vitamin D.

Jamur

Google Image Search

Jamur merupakan sumber vitamin D. kalian yang vegetarian bisa memilih konsumsi jamur untuk memenuhi kebutuhan vitamin D sehari – hari. Sebenarnya kandungan vitamin D pada jamur berbeda-beda tergantung pada jenis jamurnya. Jamur liar biasanya memiliki lebih banyak vitamin D daripada jenis jamur yang ditanam komersil.

Ikan Salmon

Google Image Search

Ikan salmon merupakan ikan berlemak yang sangat populer dan merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk tubuh. Sebanyak 100 gram salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D atau 66 persen dari kebutuhan harian. Sedangkan salmon liar bisa mengandung 988 IU vitamin D atau 124 persen dari kebutuhan harian dalam porsi yang sama.

Ikan Tuna

Google Image Search

Tuna kalengan yang praktis dan lezat juga termasuk makanan tinggi vitamin D. Dalam 100 gram tuna kalengan terdapat 268 IU vitamin D atau setara dengan 34 persen dari kebutuhan harian. Sayangnya, tuna kalengan berpotensi mengandung methylmercury, yakni sejenis racun yang ditemukan di banyak ikan. Jika kandungan tersebut dibiarkan menumpuk di tubuh, ia akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Baca juga: https://umkmkalbar.id/info-umkm/makanan-sehat-yang-mengandung-banyak-gula/

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *