Radang usus adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Peradangan pada usus besar ini sering berkaitan dengan diare, sakit perut kembung dan juga buang air besar berdarah. Peradangan usus dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi, kekurangan darah di dalam usus (ischemia), penyakit radang usus besar (Crohns’s disease, ulcerative colitis), reaksi alergi dan adanya invasi dinding usus besar dengan sel darah putih limfositik atau kolagen. Seperti kebanyakan penyakit sistem pencernaan lain, penderita radang usus juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Berikut makanan yang sehat untuk penderita radang usus.

Buah – Buahan yang tidak mengandung gas

Buah – buahan seperti melon, pisang, blueberry, strawberry, jeruk dan anggur merupakan makanan sehat untuk penderita radang usus. Selain mengandung vitamin dan antioksidan, kandungan fruktosa yang ada di dalam buah – buahan ini juga dapat mencegah kambuhnya gejala radang usus, seperti diare, muntah atau sakit perut.

Oatmeal

Diet tinggi serat memang disarankan oleh kepada beberapa orang, tetapi tidak dengan penderita radang usus. Asupan serat yang terlalu banyak dapat meningkatkan pergerakan usus, sehingga memicu kambuhnya gejala radang usus.

Makanan yang mengandung banyak cairan

Penderita radang usus sangat membutuhkan banyak cairan, seperti air putih. Karena saat mengalami radang usus yang dibarengi dengan diare, kalian akan kehilangan banyak sekali cairan. Sehingga, kalian disarankan untuk banyak konsumsi air putih dan juga makanan yang kandungan cairannya tinggi. misalnya kalian bisa mencoba buah-buahan atau sayuran yang kandungan airnya tinggi.

Yogurt

Konsumsi probiotik secara rutin dapat membantu mengurangi gejala radang usus loh… Makanan untuk penderita radang usus yang mengandung probiotik adalah yogurt. Bakteri baik yang ada di dalam yogurt dapat membantu pencernaan dan menyehatkan usus.

Buah dan minyak zaitun

Buah dan minyak zaitun mengandung zat yang dikenal dengan nama biofenol, yang merupakan sumber antioksidan paling melimpah dari buah dan sayuran dalam makanan manusia. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan biofenol menjanjikan sebagai anti inflamasi dalam pengobatan radang usus. Walaupun masih perlu penelitian terhadap manusia, tetapi buah dan minyak zaitun dianggap baik untuk kesehatan pencernaan.

Salmon

Salmon merupakan jenis makanan yang laut yang paling baik untuk kesehatan. Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi membuat salmon disarankan sebagai makanan untuk penderita radang usus. Selain baik untuk pencernaan, masih banyak kandungan salmon yang bermanfaat untuk tubuh lainnya.

Kunyit

Kurkumin adalah zat yang ditemukan dalam kunyit dan memiliki sifat anti-inflamasi. Zat ini juga disebut dapat mengurangi hampir semua jenis penyakit. Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa kunyit dapat membantu mendorong dan mempertahankan remisi bagi mereka yang sedang mengalami radang usus.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *