Perubahan kondisi kulit bisa tergantung dari makanan, penggunaan produk skincare atau kondisi cuaca. Mungkin akhir-akhir ini perubahan cuaca sering disalahkan atas kondisi kulit yang cenderung kering. Padahal, kebiasaan sehari-hari tanpa sadar bikin kulit kalian bisa kering juga. Kebiasa apa saja sih yang harus dihindari atau dikurangi jika tidak ingin kulit kering.

Kurang minum air putih

Google Image Search

Sangat disarankan untuk kalian mencukupi kebutuhan cairan agar organ-organ tubuh agar berfungsi optimal. Saat tubuh cukup hidrasi, demikian pula dengan kulit kalian. Tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan akan menunjukkan tanda-tanda salah satunya kulit kering hingga bersisik. Minum lebih banyak memang tidak secara instan memberikan ‘minum’ buat kulit tetapi mendukung kesehatan kulit. Menurut Organic Authority, kalian juga bisa mengkonsumsi pangan yang kaya kandungan air seperti buah dan sayur.

Terlalu sering mandi air hangat

Google Image Search

Mandi air hangat disarankan untuk meredakan ketegangan, menghilangkan rasa lelah juga membantu tidur lebih nyenyak. Namun, kalian perlu diperhatikan air hangat hingga panas bisa membuat kulit kering terlebih jika terlalu sering dilakukan ditambah kalian terlalu lama ‘berkubang’ di air panas. “Paparan berlebih, khususnya paparan air panas, bisa mengikis minyak alami kulit dan merusak skin barrier,” kata Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan riset klinis di bagian dermatologi.

Tidak cocok dengan sabun cuci muka

Google Image Search

Kondisi kulit kesat setelah mencuci muka kerap menimbulkan kesan bersih. Pada kenyataannya, kulit kesat malah menandakan pH sabun yang tidak cocok di kulit dan cenderung membuat kulit kering. Solusinya, gunakan pembersih muka yang lebih ramah di kulit. Kemudian perhatikan label sebab bahan-bahan lain bisa berpotensi membuat kulit kering dan iritasi seperti alkohol dan wewangian (fragrance).

Menggunakan retinol secara berlebihan

Google Image Search

Bahan skincare yang satu ini memang terbilang ampuh memudarkan tanda penuaan dan mempercepat regenerasi sel kulit. Hanya saja, godaan manfaat ini membuat orang melibatkan terlalu banyak retinol dalam rutinitasnya. Akibatnya kulit jadi kering hingga memicu iritasi. Disarankan untuk mengaplikasikan sedikit retinol tiap malam. Kemudian untuk menghindari efek kekeringan kulit, terlebih dahulu menggunakan hydrating toner atau pelembap ringan. Setelah penggunaan retinol pun sebaiknya disusul dengan pelembap agar kulit tidak kering.

Detergen atau pelembut pakaian yang keras

Google Image Search

Pakaian bisa juga jadi faktor yang membuat kulit kering. Kenapa? Pakaian jadi sesuatu yang menyentuh kulit secara langsung sehingga bahan serta pilihan detergen serta pelembut pakaian turut menentukan efek yang ditimbulkan pada kulit. Perhatikan volume detergen. Biasanya detergen akan terselip di serat-serat pakaian, bergesekan dengan kulit dan menimbulkan iritasi serta yang pastinya kulit menjadi kering.

Eksfoliasi secara berlebihan

Google Image Search

Eksfoliasi dengan lulur atau scrub di tubuh serta penggunaan eksfoliasi kimia pada wajah berpotensi membuat kulit kalian kering. Tujuan awal eksfoliasi ini adalah mengangkat sel kulit mati. Namun, berkat sensasi menyegarkan, juga kulit terasa lebih bersih, kita cenderung melakukannya lebih sering. Eksfoliasi sebaiknya dilakukan tidak lebih dari dua kali seminggu. Bahan yang dinilai ampuh untuk eksfoliasi antara lain salicylic acid atau glycolic acid.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *