Minum air sangat penting untuk keseluruhan proses tubuh. Ini termasuk mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh, hingga melumasi sendi. Oleh karena itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk memenuhi asupan cairan sehari-hari, termasuk mengawali pagi dengan minum air putih. Apa saja sih khasiat dari minum air putih pada pagi hari? yuk kita simak.

Bagus untuk fungsi tubuh

Asupan air yang cukup juga penting dalam banyak fungsi tubuh. Minum air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan air limbah dari tubuh. Menurut studi pada 2010, peningkatan asupan cairan dapat mencegah urolitiasis yang terjadi ketika batu ada di saluran kemih. Selain itu, manusia membutuhkan asupan air yang cukup untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. Dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai berdampak negatif pada regulasi tekanan darah dan fungsi vaskular. Maka dari itu air putih sangat baik untuk fungsi tubuh.

Baik untuk kulit

Beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Kulit mengandung sekitar 30 air yang membantu kulit meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya. Peningkatan asupan air mungkin berdampak positif pada fisiologi kulit, terlihat lebih terhidrasi, terutama pada manusia yang biasanya minum lebih sedikit air.

Mood booster

Minum air juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Orang yang biasanya minum air dalam volume rendah memiliki suasana hati yang lebih baik ketika mereka meningkatkan asupan air. Dan orang yang biasanya minum air dalam jumlah banyak, mengalami lebih banyak rasa haus, penurunan ketenangan dan emosi positif.

Dehidrasi berdampak negatif pada suasana hati, sementara rehidrasi memperbaiki suasana hati dan gejala kelelahan. Dengan pemikiran ini, seseorang mungkin ingin minum air sepanjang hari untuk mengalami efek positif yang berkepanjangan pada suasana hati mereka.

Menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi pada 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua, berat badannya menurun ketika mereka minum 500 ml air sebelum makan termasuk sarapan selama 12 minggu. Seperti dilansir Medical News Today, sebagian peneliti menghubungkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

Meningkatkan kinerja mental

Air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental – bahkan dehidrasi kecil dapat memiliki efek buruk pada kognisi, menurut sebuah studi pada 2016. Sebuah review pada 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Selain itu, peserta dalam penelitian ini minum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari. Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, khususnya di pagi hari, minum air putih dapat membantu.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *