Melihat kecoak berseliweran di dalam rumah tentunya membuat tidak nyaman. Banyak orang yang merasa jijik dengan kehadiran kecoak di rumah. Hewan ini mengandung banyak kuman. Sekujur badan kecoak banyak tersimpan kuman, bakteri, kotoran, dan sebagainya. Bahkan, di dalam tubuhnya disebut-sebut menyimpan cacing halus yang mengandung banyak penyakit.

Ada berbagai cara untuk mengusir kecoak di dalam rumah. Cara mengusir dan membasmi kecoak yang dibahas di sini bukan menggunakan bahan kimia memakai cairan anti kecoak, melainkan melalui tumbuhan alami. Bahan kimia tentu mampu dengan secepat kilat memberantas kecoak, tetapi apabila dipakai terus menerus dapat menimbulkan masalah pada kesehatan dan lingkungan. Hal lain yang harus dihindari jika akan membasmi kecoak adalah jangan pernah membunuh kecoa dengan cara menggencet atau memukulnya hingga gepeng. Cara seperti ini bisa menyebabkan seluruh racun dan cacing pita di dalam tubuh kecoak keluar, menempel, dan menyebar di seluruh penjuru rumah.

Lantas, bagaimana cara mengusir kecoak yang paling tepat? Lebih baik gunakan bahan pembasmi kecoak alami, yakni menggunakan beberapa tanaman ini.

Daun Salam

Daun salam ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menyedapkan masakan, melainkan daun salam juga bisa untuk membasmi serangga seperti kecoak. Hal ini karena kecoak sangat tidak menyukai aroma daun salam. Cara membuat perangkapnya pun terbilang mudah. Cukup meremukkan daun salam kering atau yang masih hijau, kemudian tebar di sudut gelap atau pojok ruangan yang menjadi tempat kecoak bersarang.

Serai/Sereh

Serai/sereh adalah tanaman yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Tanaman herbal ini sering digunakan sebagai bahan di dalam makanan, minuman, dan obat herbal. Sereh memiliki aroma khas yang berasal dari bahan aktif di dalam kandungan sereh, yaitu citronella. Aroma citronella sangat dibenci oleh serangga, termasuk kecoak. Tambahkan cairan pembersih lantai dengan minyak sereh atau rebusan sereh saat hendak mengepel lantai rumah untuk mengusir kecoak bersarang di dalam rumah.

Buah Lemon

Perasan jeruk lemon seringkali dikonsumsi sebagai minumnan untuk dinikmati dengan campuran madu dan es batu, segarnya membuat ketagihan. Selain itu, manfaat perasan jeruk lemon biasanya dimanfaatkan untuk kecantikan, namun ternyata bisa menjadi cara mengusir kecoak. Campurkan air perasan jeruk lemon dengan air untuk mengepel lantai. Bisa juga memasukkan dalam botol spray dan campur dengan sedikit air, lalu semprotkan ke area yang sering menjadi wilayah jajahan kecoa di rumah. Aplikasikan ke pintu, ventilasi, dan jendela yang kerap dijadikan sebagai jalan masuknya kecoak.

Kopi

Siapa sangka ternyata aroma dari kopi dapat menjadi bahan alami cara mengusir kecoak. Memanfaatkan minyak esensial aroma kopi atau menaburkan bubuk kopi ke area yang sering didatangi kecoak menjadi cara untuk mengusir hewan ini. Pastikan meletakkan kopi bubuk hitam murni yang bukan ampas dan tidak tercampur gula, karena kemungkinan besar akan mengundang pesta serangga lain, seperti semut.

Bunga Krisan

Bunga krisan mengandung senyawa yang disebut Pyrethrins. Senyawa ini mampu menyerang sistem saraf serangga, seperti kecoak ketika bersentuhan langsung. Caranya, gunakan kepala bunga krisan kering untuk mengusir kecoak. Bunga krisan kering ditumbuk menjadi bubuk, kemudian dua sendok makan bubuk tersebut dicampurkan ke satu liter air panas. Tambahkan sejumput deterjen dan aduk rata. Campuran ini bisa disemprotkan ke tempat-tempat persembunyian kecoak.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *