Indonesia terkenal dengan keanekaragaman budayanya. Salah satu keanekaragaman budaya Indonesia dapat dilihat dari banyaknya aneka kain tradisional daerah. Setiap daerah di nusantara Indonesia memiliki kain tradisional dengan keunikan dan keindahannya masing-masing. Keunikan dan keindahan kain tradisional Indonesia tidak hanya dikagumi oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga dilirik hingga mancanegara. Berikut ini kain-kain tradisional khas Indonesia yang memukau dunia.

1. Ulos

Kain ulos merupakan jenis kain tenun tradisional Indonesia yang dikembangkan secara turun-temurun oleh suku Batak, Sumatera Utara. Kain ulos memiliki warna dominan, yaitu warna merah, hitam, dan putih. Kain ulos dihiasi oleh beragam tenunan dari benang emas atau perak. Setiap kain ulos memiliki filosofi yang mendalam. Konon, kain ulos harus dikenakan sesuai momen. Kain ulos kini tidak hanya dibuat dalam bentuk selendang, tetapi juga berbagai fashion item seperti tas, dompet, dasi, hingga gorden. Kain ulos juga banyak digunakan sebagai pelengkap busana, baik untuk acara formal maupun informal.

2. Batik

Pesona kain batik Indonesia memang memikat. Tidak mengherankan jika batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak itu, setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Batik sudah banyak digemari hingga masyarakat mancanaegara. Sebagai warisan budaya bangsa yang telah diakui dunia, batik menjadi busana yang tidak hanya digunakan saat acara-acara resmi, tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari. Umumnya, batik tradisional tetap mempertahankan coraknya, karena berhubungan dengan upacara adat, sehingga dihadirkan sebagai lambang tertentu dan ajaran-ajaran para leluhur.

3. Lurik

Kain lurik merupakan kain tradisional yang terbuat dari bahan yang cukup banyak, yaitu serat, kapas, serat kayu, serat sutera dan ada beberapa yang menggunakan serat sintetis. Lurik adalah kain dengan fungsi yang luas, dikenakan berbagai usia dan kasta. Kata Lurik berasal dari kata lorek yang dalam bahasa Jawa berarti garis. Garis-garis lurus sederhana yang menjadi ciri khas kain tenun lurik sebagai penggambaran nilai kesederhanaan hidup. Awalnya, motif lurik masih sangat sederhana dan warnanya hanya hitam putih. Semakin berkembangnya zaman, kain lurik memiliki inovasi berbagai motif, diantaranya yuyu sekandang, sulur ringin, lintang kumelap, polos abang, polos putih dan masih banyak lagi.

4. Tenun Dayak

Kain tenun khas suku Dayak menjadi daftar kain khas tradisional yang terkenal akan keindahannya. Tidak hanya indah, kain tenun dayak tidak dibuat serta-merta, artinya kain ini dibuat melalui mimpi para penenunnya. Suatu gambar dalam sehelai kain tenun dayak hadir melalui mimpi-mimpi yang dialami para pembuatnya. Mimpi mengenai kehidupan, dewa, manusia, hewan dan tumbuhan dituangkan menjadi cerminan kehidupan dalam kain tenun dayak. Penggambaran dari mimpi ini tidak hanya dilakukan pada zaman dahulu, tetapi masih hingga sekarang. Ada pula kain tenun dayak sakral bernuansa mistis yang hanya boleh dibuat wanita Dayak yang telah ditinggal mati suaminya. Ada beberapa syarat berserta upacara adat untuk motif tertentu seperti motif manusia, ular, dan buaya.  

5. Kain Gringsing

Hampir setiap daerah di Bali menyimpan ragam budaya lokal yang memikat para wisatawan yang mengunjunginya. Termasuk hasil karya sandang khasnya, yaitu kain gringsing. Kain gringsing merupakan kain yang disakralkan oleh masyarakat Tenganan Pengrisingan. Gringsing berasal dari kata gring yang berarti sakit dan sing yang artinya tidak. Gringsing berarti tidak sakit atau terhindar dari sakit. Sesuai namanya, kain ini mengandung makna sebagai penolak bala yang bersifat jasmani dan rohani. Satu helai kain gringsing memiliki tiga warna, yaitu kuning, merah, dan hitam yang disebut tridatu. Setiap warna memiliki makna sebagai simbol keselarasan hidup serta sebagai penghormatan kepada leluhur yang telah mewariskan budaya adiluhung kain gringsing.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *