Kentang, singkong, dan ubi merupakan beberapa jenis umbi-umbian yang pasti sering kalian konsumsi. Tidak hanya murah dan lezat, jenis umbi-umbian yang kerap digunakan sebagai pengganti nasi ini mengandung beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh loh.

Umbi-umbian digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai salah satu makanan pokok. Jenis tanaman ini memiliki kandungan utama karbohidrat sehingga membuat umbi-umbian tidak jauh berbeda dengan nasi. Selain itu, tanaman umbi-umbian juga mudah dibudidayakan dan dapat tumbuh subur di berbagai daerah. Inilah beberapa jenis umbi-umbian yang pasti kalian sangat familiar.

Singkong

Google Image Search

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang padat nutrisi. Singkong dapat diolah menjadi berbagai macam menu makanan, cemilan hingga bahan masakan, seperti tepung. Tidak hanya murah, singkong juga mengandung beragam nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, gula hingga Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Singkong baik dikonsumsi untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari atau sebagai pangan pengganti nasi. Singkong juga membuat kalian kenyang lebih lama, sehingga baik kalian konsumsi saat sedang diet atau ingin menjaga berat badan.

Kandungan vitamin C pada singkong memiliki efek antioksidan dan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, sedangkan kandungan kalium pada singkong berperan penting untuk mengontrol tekanan darah.

Singkong juga mengandung serat, protein, dan antioksidan yang mampu mencegah dan mengatasi sembelit serta menurunkan risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung.Meski demikian, ingatlah untuk selalu mengonsumsi singkong yang telah matang sepenuhnya. Hal ini karena singkong mentah mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

Kentang

Google Image Search

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis umbi yang satu ini. Kentang sangat umum dikonsumsi dan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng. Kentang mengandung banyak nutrisi yang sayang jika kalian lewatkan, antara lain kalium, protein, karbohidrat, gula, serat, serta vitamin B6, folat, dan vitamin C.

Kentang mengandung cukup banyak kalium yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, kentang juga banyak mengandung serat yang baik untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah sembelit. Kandungan nutrisi kentang banyak terdapat di bagian kulitnya. Oleh karena itu, kalian dapat mengolah dan mengonsumsi kentang beserta kulitnya setelah dicuci hingga bersih.

Agar lebih sehat, sebaiknya batasi konsumsi kentang yang diolah dengan cara digoreng dengan minyak dan batasi pemberian garamnya ya.

Ubi Jalar

Google Image Search

Ubi jalar memiliki rasa yang manis dan biasanya dikonsumsi dengan cara dikukus atau dipanggang. Ubi jalar juga memiliki variasi mulai dari ubi ungu, ubi kuning, maupun orange, sering diolah menjadi salah satu makanan tradisional, yaitu kolak ubi jalar.Selain rasanya yang lezat, ubi jalar juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat hingga zinc.

Ubi jalar merupakan salah satu sumber vitamin A dan beta karoten terbaik. Kandungan vitamin A pada ubi jalar bahkan jauh lebih tinggi daripada wortel. Vitamin ini berperan penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Selain itu, jenis umbi yang satu ini juga baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan mengontrol tekanan darah. Meski demikian, konsumsi ubi jalar mungkin perlu dibatasi bagi para penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Ini artinya, ubi jalar dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Bengkuang

Google Image Search

Sama halnya dengan kentang, tanaman umbi yang satu ini juga cukup populer di Indonesia. Bengkuang memiliki kulit tebal kecokelatan dan daging umbi berwarna putih. Karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis, bengkuang cukup sering dikonsumsi sebagai lalapan atau campuran rujak. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam bengkuang adalah Serat Karbohidrat Gula Protein Vitamin C Vitamin B6 Air

Selain itu, bengkuang juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Karena kandungannya tersebut, bengkuang baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, memelihara kesehatan kulit, menurunkan kolesterol, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *