Siapa yang tidak suka cokelat? Rasanya yang khas dan cocok dinikmati kapan saja membuat cokelat menjadi camilan favorit setiap saat. Serunya lagi cokelat yang biasa kita makan sebagai camilan cukup banyak pilihannya. Yap, ada banyak jenis cokelat di dunia ini dengan rasa, kandungan, dan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh kita!

Hampir semua cokelat yang kita tahu sebenarnya sama – sama berasal dari biji buah kakao atau cocoa. Namun, karena prosesnya maka cokelat terbagi dalam berbagai jenis. Penasaran ada apa saja? Yuk, disimak!

Unsweetened Chocolate

Google Image Search

Unsweetened chocolate merupakan hasil dari proses fermentasi dan pengeringan biji kakao yaitu berupa pasta dan lemak cokelat. Cokelat jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cokelat jenis lainnya, seperti cokelat putih. Sesuai namanya, unsweetened chocolate ini tidak mengandung pemanis buatan. Unsweetend chocolate sendiri masih mempertahankan cita rasa asli cokelat yang cenderung pahit.

Cocoa Powder

Google Image Search

Sesuai namanya, cokelat ini berbentuk bubuk terbuat dari biji cocoa asli yang sudah dikeringkan. Cocoa powder pada umumnya mengandung lemak cokelat, polifenol, serta berbagai kandungan antioksidan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena tidak melewati proses lainnya, maka rasa cokelat yang satu ini sangat kuat dan asam, bahkan tidak ada rasa manisnya sama sekali. Biasanya cocoa powder sering digunakan untuk membuat kue.

Semi-sweet Chocolate

Google Image Search

Semi-sweet chocolate juga merupakan salah satu cokelat dengan kadar pasta cokelat yang tinggi. Cokelat ini juga ditambahkan gula meski dalam jumlah yang sedikit sehingga memberikan cita rasa manis walau memang masih sedikit pahit. Tetapi cokelat satu ini merupakan salah satu yang paling populer di dunia kuliner loh, karena paling sering digunakan untuk memasak. Mulai dari pembuatan kue hingga berbagai variasi dessert atau makanan penutup lainnya.

Dark Chocolate

Google Image Search

Unsweetened chocolate yang berupa pasta cokelat atau lemak cokelat tadi, biasanya akan diproses kembali untuk menciptakan berbagai cokelat lainnya yang biasa kita konsumsi. Nah, salah satunya yaitu Dark chocolate. Dark chocolate merupakan olahan cokelat dengan kandungan kadar pasta cokelat yang tinggi sehingga memiliki warna cenderung gelap dan rasa pahit. Walaupun pahit, sensasi dark chocolate ini jadi cukup populer untuk dikonsumsi. Dampak positif dari dark chocolate yaitu bisa meningkatkan mood dan menghasilkan energi menjadi alasan mengapa cokelat ini banyak disukai.

Milk Chocolate

Google Image Search

Kalau yang satu ini jenis yang paling umum dan hampir bisa dijumpai di seluruh dunia, apalagi kalau bukan milk chocolate. Sesuai dengan namanya, sudah pasti kalian bisa menebak kandungan di dalamnya. Cokelat ini mendapat tambahan susu. Nah, susu inilah yang membuat milk chocolate memiliki rasa gurih dan tekstur meleleh di mulut. Selain itu milk chocolate memiliki kandungan minyak nabati, gula, dan vanila. Karena rasanya yang sudah manis dan tanpa perlu pengolahan lainnya maka jenis cokelat ini juga paling sering dijadikan camilan.

Nah, itulah berbagai cokelat yang wajib kalian ketahui. Ternyata meskipun sama – sama terbuat dari biji cacao, setiap cokelat mempunyai rasa yang berbeda – beda bukan? Yang jelas, nih, namanya cokelat pasti semuanya enak untuk disantap. Kira-kira mana jenis cokelat favoritmu?

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *