Memelihara dan merawat tanaman dalam ruangan bukan sekedar untuk mempercantik dekorasi. Tanaman yang diletakkan dalam ruangan juga membantu meningkatkan kadar oksigen dan suasana hati pemilik rumah, serta menghidupkan ruangan menjadi lebih terkesan hijau dan bersih. Masalahnya, merawat tanaman di dalam ruangan adalah kegiatan yang terbilang “susah susah gampang”. Tentu saja, perawatannya berbeda dengan tanaman yang diletakkan di luar rumah.

Ada bebagai tanaman yang bisa dipelihara di rumah, mulai dari tanaman yang diletakkan dalam pot besar, ada juga yang dipelihara dalam pot gantung. Selain memelihara tanaman dalam rumah di ruang tamu, ada juga  yang meletakkan tanaman di dalam kamar. Memastikan tanaman  yang ada di dalam ruangan tetap terjaga dan tumbuh subur merupakan hal penting yang harus dilakukan. Ketahui solusi sederhana dan mudah untuk merawatnya.

Posisi Tanaman

Setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda. Letakkan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari di dekat jendela, sementara tanaman yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari sebaiknya tidak diletakkan dekat jendela. Letak tanaman memengaruhi pertumbuhan tanaman. Peletakkan tanaman yang salah bisa membuat tanaman kurang baik pertumbuhannya.

Menyiram Tanaman

Pastikan tetap menyiram tanaman yang dipelihara di dalam rumah sesuai dengan kebutuhannya. Jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak menyirami tanaman, teman-teman. Tanaman yang kurang disiram bisa menghambat pertumbuhannya. Sebaliknya, jika tanaman terlalu banyak disiram, ini bisa berisiko membuat akar tanaman membusuk. Diwajibkan untuk mencari tahu kebutuhan dan cara penyiraman yang tepat untuk setiap tanaman yang akan dirawat dan diletakkan dalam ruangan. Beberapa tanaman bisa bertahan lama tanpa disiram ataupun harus disiram setiap hari. Buatlah jadwal agar ingat menyiram tanaman yang ada di dalam ruangan.  

Ukuran Pot

Memilih dan menggunakan media tanam yang tepat untuk menanam tanaman hias sebelum mulai mengadopsi berbagai tanaman hias ke dalam rumah sebaiknya dicari tahu dulu mengenai jenis media tanam apa saja yang cocok untuk tanaman tersebut. Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan pot untuk menempatkan tanaman. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, perlu juga memperhatikan ukuran potnya. Ukuran pot harus disesuaikan dengan pertumbuhan tanaman, karena tanah pada pot mengandung zat hara yang menutrisi tanaman. Selain itu, jangan lupa bahwa akar tanaman juga akan terus bertumbuh. Jadi, perhatikan jika tanaman hias sudah waktunya dipindahkan ke pot yang lebih besar untuk memberikan ruang bertumbuh.

Panduan ukuran pot berdasarkan tinggi tanaman:

Tanaman dengan tinggi 5 cm sampai 20 cm akan bertumbuh  baik di pot berdiameter minimum 7 cm

Tanaman dengan tinggi 20 cm sampai 50 cm akan bertumbuh  baik di pot berdiameter minimum 15 cm

Tanaman dengan tinggi lebih dari 50 cm akan bertumbuh baik di pot berdiameter minimum 25 cm

Jika memelihara tanaman hias yang kecil, boleh menggunakan wadah selain pot seperti gelas mug. Tapi ingat, pastikan bagian bawah pot harus dilubangi. Biasanya, tanaman hias tidak butuh terlalu banyak air. Penting untuk melubangi bagian bawah pot untuk mencegah tanah menjadi terlalu basah.

Pemberian Pupuk

Tanah yang subur bisa membuat tanaman bertahan hidup, apalagi jika menambahkan nutrisi yang membuat tanaman tumbuh dengan baik .Layaknya manusia, tumbuhan butuh asupan nutrisi lebih yang bisa didapatkan dari pupuk. Pupuk berfungsi menggantikan unsur hara dalam tanah yang berkurang, bahkan habis, karena diserap tanaman dalam proses pertumbuhan. Agar tanaman dapat tumbuh secara optimal, berikan pupuk kepada tanaman. Perhatikan instruksi penggunaan pupuk secara baik dan benar, karena setiap pupuk memiliki aturan pemakaian tersendiri.

Pangkas dan Bersihkan Tanaman

Salah satu cara merawat tanaman hias adalah melakukan pemangkasan. Tanaman yang sehat adalah tanaman yang terawat dengan baik. Oleh karena itu, rawatlah tanaman sebaik mungkin. Segera pangkas daun tanaman yang sudah bertambah dan terlihat rimbun mengganggu. Potong daun-daun yang rusak dan busuk. Cara ini tidak mengakibatkan daun yang rusak dan membusuk tidak akan menyebar dan menginfeksi daun yang lain. Cara merawat tanaman hias selanjutnya adalah selalu bersihkan tanaman-tanaman tersebut secara teratur. Debu bisa hinggap di mana-mana, termasuk pada tumbuhan. Debu yang menempel pada tanaman menghambat fotosintesis tanaman dan mengakibatkan pertumbuhan tanaman akan terhambat. Debu yang menempel pada tanaman akan mengurangi keindahan dari tanaman itu sendiri. Untuk membersihkan tanaman dari debu sangat mudah, yaitu bisa membersihkannya dengan penyemprot tangan.  

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *