Kopi merupakan jenis minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Di Indonesia, semakin hari penikmat kopi semakin bertambah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha kedai kopi atau coffee shop yang dibuka di berbagai kota maupun daerah.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, bahkan berdasarkan data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada tahun 2017 – 2018 Indonesia tercatat sebagai penghasil biji kopi terbesar keempat di Dunia, setelah negara Brazil, Vietnam dan Columbia.

Iklim tropis Indonesia memberikan keuntungan tersendiri dalam hal produksi kopi. Hal ini karena tanaman kopi memang sangat cocok ditanam di daerah beriklim tropis. Produsen kopi di Indonesia sudah tersebar di berbagai daerah, dari Sabang sampai Merauke. Kopi yang dihasilkan di daerah – daerah tersebut mempunyai cita rasa masing – masing yang khas. Beberapa jenis kopi hasil petani Indonesia pun sudah dikenal di dunia. Yuk kenalan dengan biji kopi kebanggan Indonesia.

Kopi Arabica Toraja

Google Image Search

Jenis biji kopi yang satu ini ternyata sudah banyak diminati oleh pasaran mancanegara seperti Amerika dan Jepang. Jenis biji kopi ini sendiri memiliki karakteristik yang unik, kopi Toraja biasanya tidak menyisakan after taste pahit, after taste pahit ini bagi sebagian masyarakat dirasa sangat mengganggu, namun tidak dengan kopi Arabika Toraja, sensasi pahit yang ditimbulkan biji kopinya hanya ada di awal dan akan hilang dalam sekali teguk.

Kopi Arabi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di pulau Sulawesi cenderung punya rasa earthy, alias bersahaja atau membumi. Kandungan keasaman dari Kopi Arabika Toraja terbilang cukup rendah.

Kopi Robusta Temanggung

Google Image Search

Selanjutnya yaitu Kopi Robusta Temanggung yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Biji kopi robusta Temanggung dikenal dengan aroma yang unik, yakni aroma tembakau yang akan kalian rasakan ketika meminumnya. Jenis kopi robusta Temanggung sendiri merupakan salah satu andalan Indonesia untuk diekspor ke mancanegara, mulai dari Eropa, Timur-Tengah, hingga Amerika Latin, keren ya?

Kopi Arabica Kintamani

Google Image Search

Biji Kopi Arabica Kintamani menjadi salah satu kopi yang populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Kopi Arabica Kintamani memiliki rasanya yang unik karena dominasi asam citrus yang segar dan aroma wangi bunga, dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang.

Kopi Arabica Gayo

Google Image Search

Sesuai dengan namanya, jenis kopi lokal asli Indonesia yang satu ini berasal dari provinsi Sumatera, lebih tepatnya di Aceh. Kopi arabica asal Negeri Serambi ini memiliki tekstur yang encer tidak terlalu pekat. Tingkat keasamannya sendiri pun terbilang seimbang. Biji kopi lokal asli Indonesia yang satu ini tentunya sangat cocok dan pas untuk seorang pemula untuk menikmati kopi. Di Aceh sendiri, biji kopi ini cara penyajiannya dilakukan secara tradisiona, bukan diseduh dengan air panas atau hangat, melainkan kopi dan air direbus kedalam panci hingga mendidih.

Jadi kalian ingin mencoba jenis kopi asli Indonesia yang mana?

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *