Instagram merupakan sosial media yang saat ini tengah digandrungi orang-orang, termasuk di Indonesia. Media sosial yang memiliki berbagai macam fitur menarik ini memang berhasil memikat para pengguna setianya. Salah satu kelebihan instagram dibandingkan sosial media lainnya adalah adanya fitur insight. Insight di instagram bermanfaat untuk mengetahui perforna akun yang digunakan. Secara fungsional, fitur insight sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki usaha, dengan kata lain insight dianggap sebagai digital marketing tools.

Insight instagram dapat memberikan data-data dan informasi yang terbilang cukup lengkap mengenai karakteristik follower, efektivitas konten, dan dampak dari konten yang dibagikan di instagram. Data-data tersebut ditampilkan dan diberikan secara gratis oleh instagram, sehingga pengguna bisa menetapkan acuan untuk konten berikutnya. Hal ini tentu sangat menguntungkan pengguna instagram yang memiliki bisnis online untuk mempromosikan produk-produknya.

Fitur insight tidak serta merta muncul secara otomatis di setiap akun instagram. Pengguna harus menggunakan business profile. Cara mengubah akun instagram menjadi  business profile adalah melalui menu option, kemudian pilih switch to business profile. Akan muncul tampilan yang mengharuskan pengguna mengisi sejumlah data dan login menggunakan facebook page.

Hal-hal lain yang perlu diingat apabila ingin mengubah instagram menjadi akun bisnis diantaranya jumlah followers dan umur akun. Contohnya, apabila akun instagram tersebut belum memiliki jumlah minimal followers yang ditetapkan oleh instagram. Sayangnya, belum diketahui berapa banyak minimal jumlah followers yang harus dimiliki setiap akun instagram.

Seperti yang sudah dijelaskan, insight instagram memiliki banyak manfaat untuk berbisnis. Data dari insight yang diberikan instagram ibarat kompas yang bisa menentukan arah dan jalan sebuah  bisnis. Adanya data memudahkan para pemilik usaha online melakukan analisa, evaluasi, dan perencanaan yang lebih baik untuk selanjutnya. Sebelum merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, ada beberapa metrik dalam insight yang perlu diketahui oleh user.

Postingan Instagram (Foto atau Video)

Impressions: jumlah berapa kali sebuah postingan dilihat pengguna.

Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat sebuah postingan

Likes: Jumlah pengguna yang menyukai sebuah postingan.

Comments: Jumlah komentar dalam sebuah postigan Anda.

Saved: Jumlah pengguna yang menyimpan sebuah postingan.

Engagement: Jumlah pengguna yang memberikan like (suka), save (menyimpan), atau  comment (komentar pada sebuah postigan)

Views: Jumlah views yang melihat postingan video

Instagram Stories

Impressions: Jumlah berapa kali foto atau video tertentu dilihat lewat stories Anda.

Reach: Jumlah pengguna yang melihat foto atau video tertentu di Instagram stories Anda.

Exits: jumlah berapa kali para pengguna pergi dari stories Anda

Replies: Jumlah balasan komentar di foto atau video tertentu pada stories

People insights: Daftar akun yang telah melihat foto atau video tertentu dalam stories Anda

Audience insights Instagram

Gender: Distribusi gender follower Anda (pria atau wanita)

Age: Distribusi usia pengikut Anda (13-17, 18-24, 25-34- 35-44, 45-54, 55-64, 65+).

Top locations: Lima kota dan negara teratas tempat follower Anda berada

Followers – Hours: Waktu rata-rata (dalam jam) follower Anda berada di Instagram pada setiap hari dalam seminggu

Followers – Days: suatu hari dalam seminggu ketika follower Anda paling aktif

Profile analytics

 Follower count: Jumlah orang yang mengikuti akun Instagram.

Impressions: jumlah berapa kali semua postingan Anda dilihat pengguna.


 Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat beberapa postingan Anda.


 Profile views: Jumlah berapa kali profil Anda dilihat.


 Website clicks: Jumlah klik pada link website yang ada di bio profile Anda.


Call clicks / Email clicks: jumlah klik untuk to menghubungi atau mengirim email bisnis Anda.


Posts: Jumlah postingan yang sudah Anda publish.


Mentions: Jumlah posting Instagram yang menyebutkan akunInstagram Anda

Branded hashtags: Jumlah posting Instagram dengan tagar bermerek Anda

Menjalankan bisnis melalui instagram, tujuan utamanya tentu saja adalah memasarkan produk dan meningkatkan brand awareness. Agar tujuan tersebut tercapai, seorang pebisnis harus mendapatkan laporan sejauh apa strategi pemasaran yang harus dilakukan.    

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *