Terkadang masih banyak yang mengabaikan debu di rumah karena tak semengotori debu pada sisi jalan. Tapi tahukah kalian, debu yang terdapat di dalam ruangan rumah seperti di kamar, memiliki efek buruk bagi kesehatan karena bisa memicu penyakit pernapasan serta penyakit kulit. Solusinya adalah kalian harus rutin membersihkan kamar dari gangguan debu. Ada cara lain yang bisa dilakukan seperti dengan menaruh beberapa tanaman yang mampu menyedot debu di dalam rumah. Tanaman apa saja yang bisa menyedot debu di dalam rumah? Yuk kita simak!

Sansevieria (Lidah Mertua)

Tanaman Sansevieria atau biasa disebut dengan lidah mertua.  Lidah mertua ini merupakan tanaman hias yang memiliki kemampuan paling baik dalam menyaring zat formalin di udara yang dapat dihasilkan dari produk pembersih.

Tanaman ini bisa ditempatkan pada tempat dengan intensitas cahaya matahari rendah serta lingkungan yang lembab untuk menyaring polusi udara. Selain itu, tanaman hias pembersih udara yang satu ini sangat mudah dirawat karena bisa tumbuh di mana saja. Tanaman ini lebih baik ditanam sepanjang pagar sebagai penangkal polus. Tanaman lidah mertua ini juga dapat bertahan dalam kondisi yang kering.

English Ivy

Tanaman English Ivy cocok untuk kalian letakan di dalam ruangan rumah. Tanaman hias ini dapat menyerap partikel – partikel debu serta bulu halus sehingga sangat baik bagi penderita asma. Tanaman ini juga bisa membuat udara disekitar menjadi lebih. Untuk kepentingan estetika, tanaman ini sebaiknya ditaruh di tempat yang cukup tinggi agar tidak terlihat berantakan. Sebagai jenis tanaman merambat, tanaman ini cocoknya ditaruh dalam posisi vertikal.

Spider Plant

Tanaman hias yang bentuknya menyerupai laba-laba ini  dapat membuang zat karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang ada di dalam ruangan. Tanaman ini juga merupakan tanaman penyerap debu yang baik karena mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, bahan kimia pada industri kulit, karet dan percetakan.

Cara membersihkan ruangan dengan tanaman ini adalah dengan meletakkannya dalam ruangan selama seharian untuk membuat ruangan kalian bebas dari zat – zat polutan. Selain itu, spider plant adalah jenis tanaman pembersih udara yang tahan banting dan bisa kalian letakkan di dalam ruangan. Perawatannya juga sangat mudah dan tanaman ini tidak selalu membutuhkan sinar matahari.

Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang dengan nama latinnya disebut Aloe vera juga merupakan salah satu tanaman penyerap debu. Tanaman yang juga merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut ini mampu menyerap benzena, formalin, dan bahan kimia lain. Sebaiknya, Anda yang mau merawat lidah buaya kerap memastikan tanaman itu mendapatkan air 3-4 kali sehari dan berada di area yang ada sinar matahari selama 1-2 minggu.    

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *