Anjing dikenal sebagai hewan yang cerdas. Sejak dulu, selain sebagai hewan peliharaan, anjing digunakan untuk membantu pekerjaan manusia seperti menggembala, berburu, hingga menjadi anjing pelacak yang membantu kepolisian. Menurut Stanley Coren, seorang ahli psikologi dan professor di Universitas British Columbia di Vancouver, Kanada, ada tiga parameter yang digunakan untuk menunjukkan apakah seekor anjing memang pintar. Ketiga parameter tersebut adalah kecerdasan alami, tingkat adaptasi, dan kemampuan belajar dari manusia. Dari sekian banyak ras anjing, berikut beberapa ras anjing yang tergolong paling pintar.

German Shepherd

Seperti Namanya, anjing ras ini berasal dari Jerman. Anjin ras German Shepherd ditemukan pada awal abad 19. Awalnya, anjing ini dilatih menggiring domba. Seiring perkembangan waktu, German Shepherd diperuntukkan membantu tugas-tugas manusia, khususnya di bidang militer, kepolisian, dan tim SAR. German Shepherd tergolong anjing yang kecerdasannya di atas rata-rata dan mampu belajar dengan cepat.

Anjing ras German Shepherd dianggap pintar, karena kemampuannya untuk mempelajari perintah untuk berbagai tugas. Memiliki tubuh yang atletis, tidak heran jika anjing ini kerap menjadi anjing kepolisian. Selain pintar, anjing ras ini termasuk ras anjing yang berani dan percaya diri. German Shepherd juga terkenal akan kesetiaannya dan hebat dalam menangani anak-anak.

Golden Retriever

Anjing dari ras Golden Retriever memiliki sifat suka menyenangkan manusia (people pleaser). Golden retriever terkenal karena cerdas, ramah, dan setia. Beberapa kelebihan yang dimiliki anjing Golden Retriever antara lain anjing penyelamat, anjing pelayan, dan anjing penggembala.

Anjing Golden Retiever dikenal sebagai salah satu anjing penyelamat yang terkenal di berbagai negara, salah satunya di Amerika. Golden Retriever dilatih sedemikian rupa agar mampu menyelesaikan berbagai misi penyelamatan, misalnya narkoba dan melacak bom. Selain itu, Golden Retriever juga mampu mencari dan menolong korban bencana alam.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh anjing Golden Retriever yakni bisa menjadi anjing pelayan. Anjing Golden Retriever mempunyai tingkat kepintaran yang tinggi, sehingga membuatnya mudah dilatih dalam membantu pelayanan sosial, misalnya membantu menghibur para penderita kanker, membantu orang buta berjalan, dan lain sebagainya.

 Memiliki kemampuan berlari yang cepat juga menempatkan anjing Golden Retriever sebagai anjing yang ditugaskan sebagai anjing penggembala. Banyak anjing Golden Retriever di Jerman yang dimanfaatkan sebagai anjing penggembala ternak. Selain kemampuan berlarinya, melakukan pengarahan, pengawasan, dan memeriksa keadaan ternak juga menjadi kelebihan anjing ras Golden Retriever.

Secara umum, anjing ras Golden Retriever ada dua jenis, yaitu tipe anjing Golden Inggris dan tipe anjing Golden Amerika. Variasi tipe Inggris memiliki berbagai variasi, yakni garis Amerika, australis, dan Eropa. Ciri utama dari anjing golden tipe Inggris, yaitu tulangnya yang berukuran besar, kepalanya lebih menyiku serta moncongnya yang terlihat lebih berat.

Pada umumnya, anjing jantan dari tipe Inggris mempunyai panjang mencapai 56 cm sampai  61 cm, sedangkan tipe Inggris anjing golden betina panjangnya bisa mencapai 51 sampai 56 cm.

Variasi jenis anjing golden tipe Amerika mempunyai tubuh yang lebih gemuk dan pendek daripada anjing golden tipe Inggris. anjing golden jantan tipe Amerika mempunyai bahu dengan tinggi 56 sampai 61 cm dan untuk betinanya 55-57 cm. Ciri khas lain dari anjing golden tipe Amerika ini yaitu matanya yang terlihat seperti bentuk segitiga dan cenderung terpisah.

Doberman Pinscher

Doberman Pinsher memiliki reputasi sebagai anjing keamanan yang galak dan tangguh, tetapi sangat setia pada pemiliknya. Anjing ras ini bahkan dikenal cerdas dan dinobatkan sebagai anjing penjaga terbaik di dunia. Ras anjing Doberman Pinscher diketahui ada pada awal 1880-an.

Tubuh ras Doberman Pinscher sangat kuat, berotot, dan proporsional. Bentuk fisik ini yang menjadikan Doberman Pinscher cepat, anggun, dan memiliki daya tahan yang baik. Warna ras anjing Doberman Pinscher antara lain hitam, merah, biru, dan coklat kekuningan. Doberman Pinscher juga memiliki tanda karat di atas kedua mata, moncong, tenggorokan, bawah ekor, dan keempat kakinya. Bulu ras Doberman Pinscher pendek, halus, serta bergaris-garis rapi bercak putih di bagian dadanya.

Dari kepribadiannya, ras Doberman Pinscher menyukai petualangan, setia, patuh, dan gemar menghadapi berbagai tantangan. Walaupun pada umumnya responsif, terkadang Doberman Pinscher dapat mendominasi pemiliknya. Tidak jarang, anjing ras ini juga sering bersikap pemalu, terutama pada orang asing. Sementara itu, ada pula Doberman Pinscher yang tak segan-segan untuk bersikap agresif.

Border Collie

Sejak dahulu, anjing ras Border Collie diakui sebagai anjing paling cerdas, pekerja keras, dan staminanya yang mengagumkan. Tidak hanya ditugaskan sebagai anjing penggembala, saat ini Border Collie dijadikan anjing untuk teman bermain di rumah. Secara umum, Border Collie memiliki sifat yang enerjik, cerdas, tajam, siaga dan responsif.

Border Collie berukuran tubuh sedang. Tingginya berkisar 48 hingga 56 sentimeter untuk jantan dan 46 hingga 53 sentimeter untuk betina. Anjing ini memiliki berat badan sekitar 13 hingga 25 kilogram.

Anjing Border Collie biasanya memiliki bulu yang terdiri atas dua sampai tiga warna. Warna bulu Border Collie biasanya hitam, kecoklatan, dan putih dengan corak warna putih, kecoklatan dan sawo matang. Bulu yang dimiliki Border Collie adalah bulu bergelombang yang cukup panjang, sehingga anjing ini sering merontokkan bulunya.

Pudel

Pudel menjadi salah satu anjing populer sebagai anjing peliharaan Meskipun terlihat seperti peliharaan yang manja, ternyata anjing ini pintar serta cepat dalam mempelajari hal baru. Anjing pudel dapat mempelajari banyak trik lucu dengan cepat apabila dilatih sejak bayi. Selain itu, pudel memang menyukai permainan dan kegiatan apa pun, asal tidak duduk diam. Anjing pudel termasuk salah satu anjing yang aktif bergerak. Anjing yang berasal dari Jerman ini mampu bertahan hidup selama belasan tahun. Kini, pudel  menjadi anjing khas di Perancis.

Anjing pudel tidak terlalu merepotkan untuk dipelihara, sebab bulunya tidak mudah rontok,. Anjing ini juga tidak mengeluarkan bau seperti anjing lain pada umumnya. Bisa dikatakan bahwa pudel termasuk anjing yang cerdas, lucu, dan bersih. Walau demikian, ternyata pudel termasuk hewan yang suka tidur. Seekor  pudel dewasa bisa tidur belasan jam dalam sehari.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *