Dompet digital sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, bisa dibilang dompet digital merupakan gaya hidup (lifestyle) manusia saat ini. Dompet digital dapat membantu masyarakat mempermudah dalam segala transaksi, selain untuk transaksi dompet digital juga dapat menjadi wadah untuk menabung.

Dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online, tanpa menggunakan kartu ataupun uang tunai, pengguna tinggal membawa smartphone mereka untuk melakukan transaksi. Selain menawarkan kemudahan, dompet digital juga dinilai lebih aman karena dilindungi kata sandi yang hanya bisa diakses oleh pengguna saja.

Di Indonesia, dompet digital banyak digunakan oleh kalangan remaja hingga orang tua karena dompet digital sangat praktis, cepat dan mudah digunakan, biasanya hanya scan dan membayarpun dengan nominal yang seharusnya. Sekarang juga sudah banyak gerai makanan, minuman, tiket nonton hingga belanja online yang menerima pembayaran menggunakan dompet digital, seperti KFC, Guulak, Co.choc, Kulo, Solaria, BukaLapak, Indomaret, tix.id dan masih banyak lagi.

Inilah beberapa dompet digital yang terkenal di Indonesia.

1. DANA

Credit: Google Image Search

DANA merupakan singkatan dari Dompet Digital Indonesia yang dibuat pada tanggal 21 Maret 2018 oleh Vincent Henry Iswaratioso dengan berbasis open platform. DANA banyak digemarin karena promonya yang banyak dan sangat murah. Untuk melakukan top up dana balance pun sangat mudah, bisa transfer melalui atm atau m-banking. DANA sendiri sudah bekerjasama dengan beberapa Bank nasional seperti, BCA, Bank Mandiri, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank dan masih banyak lagi. Tetapi DANA tetap membatasi jumlah saldo di dalam akun DANA sesuai dengan regulasi Bank Indonesia serta standar keamanan. Di beberapa gerai, jika kita bayar menggunakan DANA kita akan dapat diskon potongan 5% untuk akun biasa, sedangkan untuk akun premium potongannya bisa mencapai 50%, contohnya seperti di KFC. Selain untuk transaksi di merchant, DANA juga bisa menjadi media untuk kalian membayar tagihan (listrik, internet, bpjs, pdam, kartu prabayar) dan bisa juga untuk isi pulsa hingga kuota.

2. OVO

Credit: Google Image Search

Tidak berbeda jauh dari DANA, OVO juga digunakan untuk melakukan pembayaran dan transaksi. Setiap kita melakukan transaksi menggunakan OVO, kita akan mendapatkan OVO Point yang merupakan loyalty reward dan nantinya juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atau transaksi. OVO tidak memiliki batas waktu untuk masa berlaku. Untuk maksimum top up saldo bagi akun OVO biasa Rp 1.000.000, sedangkan untuk akun premiere maksimum top up Rp 10.000.000. Biasanya jika transaksi menggunakan OVO akan mendapatkan potongan 1% dan loyalty rewards 1 poin.

3. Go-Pay

Credit: Google Image Search

Go-Pay merupakan dompet digital dari Gojek. Awalnya Go-Pay hanya bisa digunakan untuk membayar layanan dari Gojek, seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, Go-Shop dan lain – lain, tetapi sekarang Go-Pay juga bisa digunakan untuk transaksi di luar dari jasa layanan Gojek, khususnya merchant – merchant yang bekerjasama dengan Gojek. Untuk top up saldo, bisa melalui driver Gojek, melalui atm atau bisa juga melalui Alfamart.

4. iSaku

Credit: Google Image Search

iSaku juga telah mendapat izin dari Bank Indonesia untuk beroperasi sebagai salah satu dompet digital di Indonesia. Tetapi iSaku hanya berlaku untuk transaksi di merchant yang telah menjadi partner dari iSaku, yaitu Indomaret, Indogrosir, Ceriamart, iLotte.com, Mister Donut, Superindo dan Klik Indomaret. Untuk fitur dan layanan yang diberikan yaitu isi saldo, pembayaran dan transfer. Masing – masing fitur layanan memiliki tarif yang berbeda, untuk isi saldo dikenakan Rp 1.000/transaksi, untuk tarik saldo dikenakan Rp 5.000/transaksi, sedangkan untuk transfer bebas dari biaya. Untuk maksimum saldo, standar akun Rp 2.000.000, sedangkan akun full service Rp 5.000.000.

5. LinkAja

Credit: Google Image Search

LinkAja merupakan dompet digital milik Telkomsel, anak usaha dari PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom. Sebelumnya, LinkAja adalah T-CASH dan sekarang berubah nama menjadi LinkAja, lebih tepatnya berubah nama pada 22 Februari 2019. Pemilik saham dari LinkAja bukan hanya Telkomsel tetapi ada juga Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, PT Pertamina dan Asuransi Jiwasraya. Seperti dompet digital lainnya, LinkAja juga memiliki 2 jenis akun yaitu akun biasa dan premium dan tentunya masing – masing jenis akun memiliki keuntungan dan kerugian yang berbeda. Untuk akun biasa maksimum saldo Rp 2.000.000 dan tidak bisa melakukan transfer serta tarik saldo, sedangkan untuk akun premium maksimum saldo Rp 10.000.000 dan bisa melakukan transfer hingga tarik saldo.

6. UANGKU

Credit: Google Image Search

Bagi kalian yang hobi belanja online, wajib banget punya e-wallet satu ini. Kenapa? Karena UANGKU sangat membantu dan memudahkan transaksi untuk belanja online. Biasanya kita belanja online seperti biasa terlebih dahulu, ketika ingin melakukan pembayaran, kalian akan mendapat sms berisi payment request, setelah membayar kita tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran karena akan langsung secara otomatis terkirim ke penjual. Tetapi, tidak semua online shop menjadi merchant UANGKU. Selain online shop dibidang pakaian, ada juga untuk kategori makanan/minuman, gadget, home living, beauty stuff dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa dompet digital yang terkenal di Indonesia. Dompet digital sangat memudahkan dan praktis karena hanya melalui handphone kita sudah bisa bertransaksi tanpa mengeluarkan uang cash. Tapi, kita tetap perlu menyimpan uang cash di dompet atau di tas ya karena tidak semua merchant atau tempat – tempat memiliki alat untuk melakukan transaksi via dompet digital atau e-wallet.

Baca juga:

Apa Sih Manfaat Website yang Wajib Kita Ketahui?

4 Pilihan Pinjaman Modal Usaha Bebas Jaminan

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *