Sepertinya sekarang pandemi Covid-19 atau virus Corona merupakan hal yang biasa bagi masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Kalimantan Barat, Kota Pontianak. Pada saat ini masyarakat yang positif Corona sedang meningkat, buktinya pada hari Kamis kemarin tercatat 4.850 masyarakat Indonesia yang positif Corona.

Kurangnya rasa waspada serta rasa tidak peduli menyebabkan semakin meningkatnya masyarakat yang positif Corona, bukannya semakin berkurang. Tetapi tidak semua hal ini terjadi karena rasa ketidakpedulian, ada juga masyarakat yang sudah sangat berhati – hati masih terkena Corona. Maka dari itu, untuk mencegah Corona tidak hanya bisa dilakukan dengan mencuci tangan, masih banyak protokol lainnya yang mesti dan harus kita lakukan. Apa saja protokol lainnya? Yuk, kita bahas satu per satu.

Mencuci Tangan

Source: Google Image Search

Dulu mencuci tangan hanya dilakukan saat ingin makan atau sesudah melakukan kegiatan yang menggunakan tangan, seperti menanam, bersih – bersih dan masih banyak lagi. Sekarang, sebelum melakukan apapun, bahkan sebelum masuk ke rumah maupun ke toserba, toko, mall kantor harus mencuci tangan terlebih dahulu. Mencuci tangan merupakan protokol yang sangat sederhana yang mudah untuk diimplementasikan. Sekarang, banyak masyarakat yang kadang masuk supermarket tidak mencuci tangan, padahal sudah disediakan pancuran serta sabun cuci tangan untuk konsumen yang datang.

Sediakan Handsanitizer

Source: Google Image Search

Awal masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia, permintaan dan pembelian Handsanitizer sangat meningkat, bahkan harganya menjadi sangat mahal, serta banyak masyarakat yang membeli berkotak – kotak handsanitizer untuk persediaan, ada juga yang dijual kembali. Sekarang keadaan (stock dan harga) handsanitizer sudah kembali normal, banyak masyarakat yang menjual persediaannya dengan harga rugi.

Kenapa handsanitizer merupakan salah satu protokol untuk mencegah Corona? Karena Handsanitizer merupakan pengganti cuci tangan jika kita pergi ke suatu tempat yang tidak menyediakan tempat cuci tangan bahkan sabunnya. Handsanitizer memang tidak terlalu efektif untuk mencegah Corona, tetapi handsanitizer dapat membantu kita membunuh kuman maupun virus yang menempel di tangan kita.

Menggunakan Masker

Source: Google Image Search

Wajib bagi kita menggunakan masker ketika keluar rumah, pergi bekerja atau ke tempat fasilitas umum. Mengapa menggunakan masker merupakan salah satu protokol kesehatan? Karena agar kita bersin atau ada seseorang disekitar kita sedang flu/bersin kita tidak menyebarkan atau terkena virus tersebut. Karena corona dapat menyebar melalui bersin. Pandemi saat ini pada awalnya membuat masker sama halnya dengan handsanitizer, menjadi langka dan mahal. Tetapi, sekarang sudah banyak masyarakat yang dapat membuat masker sendiri.

Social Distancing / Physical Distancing

Source: Google Image Search

Social Distancing mungkin merupakan protokol yang sulit untuk diterapkan maupun dilakukan bagi masyarakat Indonesia, khususnya Kota Pontianak. Masih banyak masyarakat, terutama kalangan muda yang berkumpul di warkop – warkop maupun cafe tanpa memperdulikan jarak. Walaupun sudah menggunakan masker hingga mencuci tangan tetap saja social distancing atau physical distancing wajib dilakukan, karena virus corona dapat menyebar hanya dengan bersentuhan sedikit atau berada di satu ruangan dengan seseorang yang positif corona. Peraturan social distancing hanya berjalan di awal saja, tetapi belakangan ini masih banyak cafe – cafe maupun warkop yang terdapat puluhan orang berkumpul dengan jarak yang sangat dekat, bahkan berhimpitan.

 Maka dari itu, demi kesehatan kita semua, kesehatan orang tersayang sebaiknya ketika keluar rumah atau berkumpul di suatu tempat kita tetap menerapkan social ataupun physical distancing, bahkan jika bisa usahakan untuk tetap di rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak.

Source: Google Image Search

Nah, itu beberapa protokol  wajib yang dapat dilakukan untuk mencegah corona selain mencuci tangan. Sangat sederhana dan mudah diimplementasikan kan? Yuk, mulai jaga kesehatan hingga kebersihan dengan diawali rasa kepedulian, untuk diri sendiri, maupun kerabat hingga keluarga.

baca juga: Fakta-Fakta Tentang Penyebaran Coronavirus COVID-19

baca juga: Tetap di Rumah Aja, Ini Keuntungan Belanja Sayur Online

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *