Masalah kesehatan pencernaan adalah salah satu kekhawatiran bagi kebanyakan orang, karena pencernaan yang terganggu dapat mempengaruhi aktivitas serta mood kalian. Kebiasaan makan yang buruk seringkali dapat memicu gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan dapat menyebabkan sakit perut atau kembung, mulas, mual, muntah, dan membuat orang menjadi lekas marah karena sensitive atau sedang menahan sakit. Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan untuk menjaga sistem pencernaan berjalan dengan mulus secara alami. Ada beberapa buah yang memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu kelancaran serta kesehatan pencernaan.

Serat adalah salah satu nutrisi terpenting dalam pencernaan. Serat bergerak melalui saluran pencernaan yang tidak tercerna, membantu menggerakkan dan mendorong secara teratur. Makan lebih banyak makanan kaya serat juga memberi manfaat kesehatan tambahan lainnya, seperti peningkatan sensitivitas insulin, kadar kolesterol yang lebih rendah, penurunan tekanan darah, dan masih banyak lagi. Beberapa jenis buah untuk melancarkan pencernaan sebagai berikut ya…

Pisang

Jenis buah yang paling dikenal untuk melancarkan pencernaan adalah pisang. Pisang tidak hanya mengandung sekitar 3-4 gram serat per sajiannya, tetapi pisang juga mengandung serat khusus yang disebut pectin. Pisang juga memberikan dosis prebiotik yang sehat, yang digunakan sebagai sumber bahan bakar cepat untuk bakteri menguntungkan di usus.

Selain kandungan seratnya, pisang juga kaya akan beberapa vitamin dan mineral penting lainnya. Secara khusus, pisang adalah sumber vitamin C, kalium, vitamin B6, dan magnesium, yang semuanya penting untuk mendukung pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan juga.

Alpukat

 Alpukat mengandung serat dalam jumlah tinggi serta lemak sehat untuk menjaga pencernaan agar terus bergerak secara teratur. Alpukat juga menyediakan elektrolit seperti potassium yang dapat membantu mengontraksi otot untuk menjaga segala sesuatu tetap bergerak. Satu cangkir irisan buah alpukat dapat memberi 10 gram serat, memberikan sekitar 40% dari kebutuhan serat harian kalian dalam satu porsi. Alpukat juga kaya kalium, vitamin C, vitamin B6, dan magnesium, bersama dengan protein dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

Apel

Semua orang tentu pernah mendengar pepatah “sebutir apel sehari membuat dokter menjauh”. Ungkapan ini sering digunakan oleh orang tua hamper di seluruh dunia untuk membuat anak kecil mereka makan buah, tetapi ternyata hal ini memang benar adanya. Memiliki saluran pencernaan yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Lagipula, itulah cara tubuh untuk menyerap dan memanfaatkan semua nutrisi luar biasa yang kalian konsumsi. Apel mengandung jenis serat unik yang disebut pectin. Satu buah apel sedang mengandung kira – kira 4,4 gram serat, yaitu sekitar 17% dari jumlah yang kalian butuhkan sepanjang hari. Selain itu, apel mengandung sejumlah nutrisi lain, termasuk vitamin C dan kalium.

Raspberi

Satu cangkir raspberi mengandung 8 gram serat, yang hampir sepertiga dari serat yang kalian butuhkan sepanjang hari. Raspberi juga lebih rendah gula dari kebanyakan buah – buahan, yang bisa menjadi pilihan bagus bagi siapa pun yang sedang mengawasi kadar gula darahnya, termasuk penderita diabetes atau kalian yang sedang diet.

Sebenarnya masih banyak lagi buah – buahan yang dapat membantu melancarkan pencernaan, seperti buah Ara hingga Plum. Banyak juga cara untuk mengkonsumsi buah – buahan, bisa dimakan begitu saja, di jus, salad bahkan bisa di mix buah – buahnya. Yuk mulai rajin konsumsi buah – buahan, jangan lupa sayuran juga yaaa….

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *