Walaupun COVID-19 tengah melanda dan kehidupan “normal” di seluruh dunia sedang terganggu, bukan berarti masa-masa pandemi adalah waktu yang buruk untuk memulai bisnis baru Anda.

Banyak perusahaan-perusahaan terbesar di dunia dibangun semasa krisis ataupun mampu menghadapi krisis dengan mengidentifikasi permintaan pasar yang baru, kemudian beradaptasi untuk memenuhinya. Masa pandemi juga masa yang sangat baik untuk menggandeng tenaga-tenaga kerja berkualitas, dikarenakan banyaknya sumber daya manusia terlatih yang membutuhkan pekerjaan.

“Tidak ada waktu yang sempurna untuk memulai bisnis.”

Perusahaan-perusahaan besar di Amerika seperti General Motors (GM), IBM, dan Disney didirikan tepat sebelum masa “Depresi Besar” (Great Depression) meluluhlantakkan ekonomi AS. Google, eBay, dan Amazon juga merasakan “gelembung dot-com” di masa-masa awal berdirinya mereka. Dan kemudian Facebook, Twitter, dan Youtube sukses melewati krisis ekonomi global tahun 2008.

Tak peduli apakah Anda memulai bisnis Anda sebelum, sewaktu, atau setelah resesi atau krisis ekonomi global, akan menguji ketajaman Anda dalam mengarungi dunia bisnis. Krisis ekonomi global malah membantu menonjolkan masalah-masalah generasi baru yang perlu dicarikan solusinya untuk terus begerak maju. Dan di dunia bisnis, masalah masyarakat adalah sinonim dari peluang bisnis. Perusahaan-perusahaan besar dan tradisional bertumbangan karena tidak mampu beradaptasi dengan cukup cepat, dan jumlah tenaga kerjanya yang biasanya kurang efisien dan terlalu besar.

Dan sekarang tiba saatnya krisis ekonomi berikutnya tiba, kali ini diakibatkan oleh COVID-19, para wiraswasta melihat kesempatan emas. Ini adalah peluang untuk bisnis dan startup baru.

Kami percaya wiraswasta dan memulai sebuah perusahaan, berawal dari gagasan ide yang baik yang disesuaikan dengan trend dan masa yang sedang berjalan. Yang membuat lingkungan pekerjaan kita sekarang lebih menarik adalah kebanyakan dari kita sekarang beraktivitas jarak jauh. Sekolah online, meeting online, bekerja dari rumah, dan lain-lain. Ini artinya kita punya lebih banyak waktu untuk menilai kembali aspek-aspek kehidupan kita sebelumnya yang biasanya mungkin kurang kita hargai. Kebebasan untuk keluar rumah, kebebasan untuk berkumpul dengan teman-teman, kebebasan untuk pergi undangan ramai-ramai, kebebasan untuk pergi ke sekolah dan duduk di kelas bersama guru dan teman, dan lain sebagainya.

Dan semua ini, dapat mengarahkan kita ke kesempatan menarik untuk menciptakan produk baru, solusi baru untuk masalah baru, kebiasaan baru, dan dunia yang baru.

Tanpa berlama-lama di jalan untuk pergi kerja atau sekolah setiap harinya, tanpa kehidupan sosial yang seaktif dulu, tanpa banyak hal yang dulunya membuat kita merasa tidak punya waktu, beberapa dari kita mungkin terkejut karena betapa banyak waktu yang kita punya secara tiba-tiba. Begitu banyak waktu untuk digunakan mengeksplorasi ide-ide dan menciptakan produk-produk baru.

Berikut adalah 3 alasan kenapa ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis baru Anda :

Bila Anda memulai bisnis dengan lingkungan hari ini, jalan bagi bisnis Anda akan semakin membaik esok hari.

Tidak ada yang tahu berapa lama krisis ekonomi ini akan berlangsung. Tetapi, bila Anda bisa membangun sebuah bisnis yang bernilai bagi masyarakat di tengah masa yang penuh dengan lesunya permintaan pasar dan tingginya pengangguran, bayangkan seberapa besar potensi bisnis Anda ketika ekonomi mulai pulih dan menuju masa booming.

Memulai bisnis Anda sekarang juga berarti Anda akan lebih hemat dan hati-hati dengan pengeluaran, mencari pekerja, dan hal-hal dasar yang membuat bisnis Anda tetap operasional. Ini adalah keterampilan penting yang — tak peduli apapun lingkungannya — sangat penting untuk dimiliki seorang wiraswasta.2. Bila Anda memulai bisnis dengan lingkungan hari ini, jalan bagi bisnis Anda akan semakin membaik esok hari.

Sekarang, ada banyak orang terlatih yang sedang mencari pekerjaan.

Tidak hanya bisnis kecil yang terdampak oleh pandemi Coronavirus ini. Perusahaan-perusahaan terbesar, dan startup-startup dengan suntikan dana terbesar pun sedang melakukan PHK sekarang.

Pada saat ini juga, pasar tenaga kerja sedang kebanjiran individu-individu yang sedang mencari peluang-peluang kerja berikutnya. Terlebih lagi semakin banyak perusahaan yang mencari tenaga kerja untuk bekerja jarak jauh. Hal ini mengakibatkan akan lebih luas kesempatan bagi pencari kerja untuk menemukan perusahaan yang tepat, dan bagi perusahaan untuk menemukan tenaga kerja yang tepat, karena tidak lagi dihambat oleh masalah jarak.

Bisnis yang memecahkan masalah di masa krisis, cenderung tumbuh lebih cepat.

Benar, ekonomi kita berada di ambang resesi, permintaan sedang lesu-lesunya, beberapa sektor industri, seperti pariwisata, industri pernikahan, sedang porak-poranda. Jadi kita harus bagaimana?

Aturan nomor 1 menjadi wiraswasta : Ketika situasi babak belur, kita tidak lalu serta-merta menyerah, lalu kembali ke tempat tidur. Kita bekerja, memecahkan solusi, disaat orang lain tidak ada kerjaan, kita bangun lebih pagi dan tidur lebih larut mencari dan memikirkan peluang.

Dengan banyaknya waktu yang Anda miliki sekarang, tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai bisnis Anda. Di setiap krisis, muncul juga peluang-peluang baru. Bisnis kesehatan, layanan jarak jauh, logistik, dan pelatihan keterampilan online adalah beberapa contoh dari sekian banyak bisnis-bisnis yang sedang naik daun. Selalu ada peluang. Sekarang masalahnya hanya tinggal seberapa yakin Anda untuk memulai, dan siapkah Anda menghadapi masa sulit, yang pastinya akan membaik nanti.

Salam, UMKMKalbar.id

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *