Konsumsi tinggi gula kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan serius jangka panjang seperti diabetes, obesitas, kanker, sampai jantung koroner. Tidak heran jika banyak program diet yang menghindari asupan tinggi gula. Gula merupakan salah satu sumber energi. Setiap gram gula mengandung 4 kalori. Gula yang masuk akan dicerna oleh tubuh dan dipecah menjadi glukosa yang kemudian digunakan sebagai energi.

Konsumsi gula sebenarnya masih relatif aman asalkan dilakukan sesuai aturan. Kementerian Kesehatan membatasi asupan gula harian sebesar 50 gram atau setara dengan 5 sdt. Agar kalian terhindar dari lonjakan insulin, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti pemanis untuk diet dengan bahan-bahan alami. Yuk kita kupas apa saja yang bisa menjadi pengganti gula.

Gula Kelapa

Gula kelapa merupaka gula yang diekstrak dari nira kelapa. Pemanis alami ini mengandung beberapa nutrisi seperti zat besi, seng, kalsium dan kalium serta antioksidan. Selain itu, gula kelapa juga memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada gula biasa. Hal tersebut diperkirakan karena kandungan insulin dalam gula kelapa. Insulin adalah sejenis serat larut yang telah terbukti memperlambat pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan memberi asupan makanan pada bakteri sehat di usus. Meski demikian, gula kelapa masih sangat tinggi kalori, dan mengandung jumlah kalori yang sama per sajiannya dengan gula biasa. Pemanis alami tersebut juga sangat tinggi fruktosa, sehingga dinilai tidak sehat. Secara umum, gula kelapa sangat mirip dengan gula biasa, dan harus digunakan dengan memperhatikan takaran.

Madu

Madu adalah cairan kental berwarna emas yang diproduksi oleh lebah madu. Pemanis alami ini mengandung sedikit vitamin dan mineral, serta banyak antioksidan yang bermanfaat. Kandungan asam fenolik dan flavonoid dalam madu bertanggung jawab atas aktivitas antioksidannya. Hal itu dapat membantu mencegah diabetes, peradangan, penyakit jantung, dan kanker.

Molase

Molase adalah cairan cokelat manis yang kental seperti sirup. Pemanis tersebut dibuat dengan cara merebus tebu atau jus bit gula. Pemanis alami tersebut mengandung beberapa vitamin dan mineral, serta beberapa antioksidan. Selain itu, molaes juga memiliki kandungan zat besi, kalium, dan kalsiumnya yang tinggi . Hal tersebut memberi manfaat bagi kesehatan tulang dan jantung. Secara keseluruhan, molase merupakan pengganti yang bagus untuk gula, tetapi jumlah konsumsi harus tetap dibatasi, karena masih dalam bentuk gula.

Sirup Maple

Sirup maple adalah cairan manis kental yang dibuat dengan memasak getah pohon maple. Pemanis alami tersebut mengandung jumlah mineral yang cukup yaitu kalsium, kalium, besi, seng, dan mangan. Sirup Maple mengandung lebih banyak antioksidan daripada madu. Sebuah studi pada hewan menjelaskan bahwa ketika dikonsumsi secara langsung dengan sukrosa. Sirup maple menurunkan konsentrasi glukosa plasma yang signifikan lebih banyak daripada mengambil sukrosa saja. Hal itu terjadi karena oligosakarida, yaitu sejenis karbohidrat yang terbentuk dari beberapa gula sederhana dalam sirup maple. Kandungan tersebut bertanggung jawab atas penurunan konsentrasi glukosa plasma.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *