Corona atau Covid-19 merupakan virus yang sudah mewabah sejak Desember 2019. Pertama diketahui bahwa Covid-19 berada di Wuhan, China. Awalnya hanya di China saja, tetapi sekarang Corona sudah menjadi pandemi dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia tidak lantas langsung menutup akses penerbangan langsung dari dan ke Wuhan, yang ada di enam bandara, antara lain Batam, Jakarta, Denpasar, Manado Makassar.

Pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia, tetapi menurut pakar Corona sudah masuk ke Indonesia sejak bulan Januari. Pemerintah Indonesia merasa sudah cukup melakukan langkah – langkah antisipasi. Seperti menggunakan Health Alert Card atau Yellow Card, juga Thermal Scanner untuk mengecek suhu tubuh diatas 38,5 derajat Celsius di pintu masuk dan keluar RI.

Sekarang, apa saja sih gejala Corono atau Covid-19 ? Yuk, kita simak satu per satu gejala – gejala kalian terjangkit virus Corona.

Demam

Menurut Kelompok Kerja (Pokja) Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, sejak awal wabah virus corona, gejala yang paling umum dan banyak pasien alami hingga mencapai 98% adalah demam tinggi di atas 38,5 derajat Celsius.

Meskipun virus tersebut sudah mengalami mutasi, pada sebagian orang  yang rentan perlu mewaspadai diri dan wajib berhati – hati  jika sudah mengalami demam tinggi, bahkan hanya dengan suhu tubuh 37,8 derajat Celcius.

Batuk dan pilek

Selain dema, batuk dan pilek termasuk gejala Corona, terutama batuk yang terlampau sering dalam satu jam. Umumnya, batuk kering dan terjadi terus-menerus, secara berlebih dari biasanya.

Berkurangnya Indera Penciuman

Menurut pengamatan, berkurangnya fungsi indera penciuman juga merupakan salah satu gejala Corona. Biasanya kita yang bisa mencium aroma masakan, parfum hingga minyak angin secara tiba – tiba tidak dapat mencium aroma tersebut, sebaiknya cepat lakukan Rapid Test maupun SWAB di klinik, rumah sakit maupun tempat yang menyediakan Rapid Test dan SWAB.

Sesak Nafas

Sesak napas menjadi salah satu gejala Corona yang serius. Umumnya, pasien Covid-19 dalam kasus yang serius akan mengalami pneumonia, paru-paru penuh dengan nanah dan cairan. Inilah yang bisa menyebabkan pasien Covid-19 serius akan mengalami sesak napas yang intens dan batuk yang menyakitkan.

Source: Google Image Search

Selain gejala di atas, sebuah laporan dalam Journal of American Medical Association, sebanyak 98% pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit mengalami demam. Sebanyak 76%-82%  mengalami batuk kering. Dan, 11%-14% melaporkan lemah dan lelah.

Tapi, saat ini juga banyak pasien positif Covid-19 tanpa memiliki gejala atau asimptomatik. Di luar masih banyak Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berpotensi menjadi pembawa virus tanpa mereka sadari.

Jadi untuk kalian yang memiliki beberapa keluhan atau merasakan gejalanya dalam beberapa hari, segera hubungi layanan fasilitas kesehatan terdekat dari tempat tinggal kalian, seperti klinik, rumah sakit maupun tempat yang menyediakan Rapid Test dan SWAB.

Baca juga: Cegah Corona Tidak Hanya Dengan Mencuci Tangan

Baca juga: Minimol Pontianak

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *