Tidak Hanya dari Kacang Kedelai, Inilah Jenis-Jenis Kecap dan Kegunaannya

Kecap menjadi salah satu bumbu masakan yang terbilang tidak pernah absen di masakan rumah. Kecap yang paling umum dan sering ditemui di setiap dapur Ibu adalah kecap manis dan kecap asin. Kecap sangat berperan penting dalam dunia kuliner sebagai penambah cita rasa masakan.

Tahukah kamu, selain kecap manis dan kecap asin, ada berbagai jenis kecap yang sering digunakan untuk masakan.

Kecap Ikan

Kecap ikan memiliki rasa asin dengan aroma yang menyengat. Kecap ikan berasal dari fermentasi ikan selama beberapa bulan hingga beberapa tahun. Kecap ikan memiliki rasa yang mirip dengan kecap asin. Tips agar kecap ikan mampu memperlezat makanan dengan maksimal adalah dengan selalu membeli yang ukuran kecil sekalipun sering digunakan agar kecap tidak mengendap.

Kecap Ikan Saiton Pontianak

Kecap ikan memiliki banyak kandungan gizi, karena merupakan dihasilkan dari fermentasi. Proses fermentasi yang terjadi di kecap ikan membuatnya memiliki kandungan nitrogen organik, amino, sodium klorida, metil keton yang tinggi, histamin serta asam amino. Beberapa kandungan gizi di dalam kecap ikan mirip seperti yang ada dalam keju.

Beberapa makanan yang menggunakan kecap ikan seperti sushi, shabu-shabu, tumis kangkung, kimchi, sapo tahu, bakso ikan, dan lain sebagainya. Jika kebetulan sedang kehabisan penyedap rasa, kecap ikan bisa jadi pengganti penyedap rasa yang tidak kalah lezat.

Kecap Inggris

Banyak yang belum bisa membedakan kecap inggris dan kecap asin, padahal dari segi bahan dan pembuatan, keduanya sangat berbeda. Kecap inggris disebut worcestershire atau worcester sauce. Bentuknya cairan encer berwarna gelap dengan rasa sedikit asin dan beraroma khas yang harum. Kecap inggris terbuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh dan bawang putih.

Kecap inggris cocok digunakan sebagai saus siraman ataupun saus olesan. Kecap inggris memang dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih nikmat. Kecap ini juga menjadi bahan makanan yang cukup awet karena banyak nutrium yang mencegah bakteri atau jamur berkembang. Kecap inggris memiliki banyak kandungan gizi seperti protein karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, kalsium dan fosfor.

Kecap Inggris

Biasanya, kecap inggris digunakan untuk bumbu rendaman daging atau bumbu masakan cina,  seperti ayam goreng mentega, burung dara saus mentega, bistik, sapi lada hitam, dan lainnya. Pencampuran kecap inggris pada masakanan dapat menghasilkan aroma yang harum.

Kecap Jepang

Kecap jepang dikenal dengan nama shoyu. Pertama kali diperkenalkan oleh seorang biksu Jepang yang berkunjung ke Cina pada abad ketujuh. Bahan utama kecap jepang sebagian besar berasal dari gandum. Kecap jepang bercita rasa lebih manis dan mengandung rasa alkohol alami. Kecap jepang memiliki tekstur lebih kental dan warnanya lebih gelap.

Kecap Jepang

Kecap jepang mudah dijumpai di setiap masakan khas Jepang, seperti teppanyaki, sukiyaki, dan sashimi. Popularitas kecap jepang di Indonesia yang semakin meningkat membuat banyak orang membuka usaha restoran dan hotel yang menyediakan makanan khas Jepang. Sebetulnya, tidak hanya shoyu yang dikenal sebagai kecap jepang. Ada beberapa kecap jepang yang tidak kalah lezat dari shoyu, antara lain koikuchi, usukuchi, tamari, saishikomi dan shiro.

Kecap Jamur

Kecap Jamur

Kecap jamur memang belum terlalu popular dibandingkan dengan jenis kecap lainnya, tetapi cita rasanya tidak kalah enak dari kecap lain. Sesuai namanya, kecap ini dibuat khusus dari jamur, kemudian ditambahkan aneka bahan yang lain agar cita rasanya semakin sempurna. Kecap jamur biasa digunakan untuk ayam bakar, saus jamur, aneka tumisan, dan sup. Kecap ini juga banyak dipakai untuk masakan cina.

Rekomendasi Menu Sahur Praktis dan Simple

Sahur menjadi waktu yang penting sebelum melaksanakan ibadah puasa. Persiapan menu untuk sahur sederhana dan praktis di minggu terakhir pun sebaiknya dilakukan untuk menambah semangat. Minggu terakhir menjadi waktu dimana kita sudah bingung untuk masak apa untuk menu sahur. Maka dari itu, sebaiknya pilih menu sahur terakhir yang nyaman dan sehat untuk tubuh, tentunya juga harus praktis.

Telur Rebus

Telur jadi salah satu bahan pangan yang wajib ada saat berpuasa maupun tidak berpuasa. Telur juga menjadi rujukan sumber protein yang murah dan mudah diolah. Untuk santap sahur, paling praktis membuat telur rebus. Kreasi telur rebus lain yang juga patut dicoba adalah poached egg. Poached egg akan memberikan telur rebus setengah matang dengan tekstur lembut dan lumer di mulut. Poached egg lebih pas dijadikan topping roti panggang atau toast.

Telur Orak – Orik

untuk minggu terakhir yang bisa dicoba adalah telur orak-arik. Gunakan mentega atau margarin agar rasanya lebih gurih. Gunakan api kecil, kocok telur lalu tuang ke dalam wajan. Aduk-aduk perlahan hingga menggumpal. Jangan terlalu kering. Setelah beku, angkat segera, taburi merica bubuk dan garam lalu sajikan hangat. Kalian juga bisa menambahkan sayuran seperti tomat atau wortel sesuai selera. Atau taburi keju parut sesaat akan disajikan untuk menambah nutrisinya. Walaupun simple tapi tetap harus sehat yaa.

Oat Jar

Menu sahur sangat memungkinkan disiapkan sejak malam atau sembari menyiapkan menu berbuka. Salah satu ide menarik yaitu membuat oat jar, kemudian didiamkan di kulkas untuk disantap keesokan paginya. Oat kaya akan serat yang mampu menghemat pengeluaran energi juga menjaga perut kenyang lebih lama. Tambahkan yogurt, potongan buah, chia seeds atau bisa juga bubuk kayu manis untuk menambah citarasa. Tak ada salahnya menambahkan granola sehingga oat jar makin bernutrisi.

Sayur Bening

Mengonsumsi sayur bening di waktu sahur bisa menenangkan perut. Rasa hangat dan lembutnya sayur bayam bisa menambah vitamin dan mineral untuk menjalani ibadah puasa. Cara membuatnya cukup mudah, rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kencur, dan temu kunci. Terakhir masukkan sayur bayam, jagung dan tomat yang sudah dipotong-potong.

Alpukat dan Roti Gandum

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sangat penting untuk menu sahur. Karbohidrat kompleks cenderung lebih lama dicerna tubuh sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, nutrisi satu ini juga menjaga kadar gula darah sehingga kalian tidak akan mengalami kenaikan dan penurunan gula darah secara ekstrem. Roti gandum akan memberikan asupan karbohidrat kompleks sekaligus serat. Padukan dengan irisan alpukat untuk pasokan lemak tak jenuh tunggal juga serat. Sehat, simple dan praktis.

Tumis Tahu

Tahu dengan tekstur yang lembut bisa menjadi makanan sahur yang menggugah selera. Apalagi bila tahu dimasak dengan cara ditumis dengan campuran sayur bisa menambah energi. Gunakan tahu putih atau tahu sutera yang memiliki kualitas bagus. Tahu bisa dipotong kecil, lalu digoreng sedikit kering. Tambahkan saus tiram dan sedikit cabae jika suka rasa gurih pedas yang kuat. Dimakan dengan nasi hangat sudah cocok yaa.